Nelayan Ini Temukan Gurita Langka Berkaki Sembilan Saat Masak

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 02 Des 2020 19:00 WIB
Nelayan Ini Temukan Gurita Langka Berkaki Sembilan Saat Masak Foto: Daily Mail UK/Site News
Jakarta -

Jika biasanya kaki gurita hanya berjumlah 8. Nelayan ini terkejut ketika menyadari bahwa gurita yang sedang dimasaknya memiliki kaki 9 yang sangat langka.

Seorang nelayan asal Jepang kaget ketika menemukan gurita langka yang sedang dimasaknya. Gurita ini ia temukan di perairan Shizugawa, Prefektur Miyagi.

Baca Juga: Harus Tajir Kalau Mau Cicip 8 Seafood Termahal di Dunia

Dilansir dari DailyMail UK (02/11), nelayan bernama Kayuza Sato ini sehari-harinya membudidayakan rumput laut. Ia pun iseng memancing dan akhirnya mendapatkan 4 gurita. Salah satunya gurita langka yang ukurannya mencapai 15 cm.

Nelayan Ini Temukan Gurita Langka Berkaki Sembilan Saat MasakNelayan Ini Temukan Gurita Langka Berkaki Sembilan Saat Masak Foto: Daily Mail UK/Site News

Setelah itu Sato langsung membawanya pulang untuk sang ibu. Ia kemudian mulai merebus empat gurita itu dalam air mendidih. Awalnya memang tidak ada yang aneh.

Tapi ia akhirnya tersadar bahwa salah satu dari gurita tersebut memiliki kaki sembilan. Ia pun langsung mengangkat gurita langka itu dari panci kemudian meniriskannya.

Meski nyawa gurita itu sudah tidak tertolong, tapi Sato tetap menyimpannya untuk dijadikan bahan penelitian. Sato pun memberikan penemuan langkanya ini ke Shizugawa Nature Center.

Tujuannya agar orang-orang bisa melihat gurita langka ini sekaligus untuk diteliti para peneliti.

Nelayan Ini Temukan Gurita Langka Berkaki Sembilan Saat MasakNelayan Ini Temukan Gurita Langka Berkaki Sembilan Saat Masak Foto: Daily Mail UK/Site News

"Gurita ini merupakan fenomena alam yang menunjukkan kekayaan alam. Saya berharap ini menjadi kesempatan untuk banyak orang untuk belajar tentang misteri laut yang melimpah," pungkas Tazuko Abe, salah satu peneliti di Minamisanriku Nature Center.

Menurutnya tambahan kaki gurita langka ini terbentuk saat gurita melakukan regenerasi. Cukup sulit untuk menemukan gurita dengan kaki sembilan, karena kebanyakan gurita hanya memiliki delapan kaki saja.

Tak hanya di Jepang, sebelumnya seorang pria juga menemukan gurita aneh di wilayah Washington. Gurita tersebut memiliki kaki tujuh yang juga termasuk langka.

Nelayan Ini Temukan Gurita Langka Berkaki Sembilan Saat MasakNelayan Ini Temukan Gurita Langka Berkaki Sembilan Saat Masak Foto: Daily Mail UK/Site News

Selain gurita ada juga beberapa biota laut yang hampir berakhir di meja makan. Seperti pihak restoran yang menemukan lobster oranye langka.

Lobster oranye ini diketahui sebagai lobster langka. Keberadaannya hanya ada 1 dari 30 juta lobster, dan salah satunya ditemukan di restoran Lobster dan Clam Bar, Massachusetts, Amerika.

Baca Juga: Temukan Lobster Oranye Langka, Chef Restoran Ini Tak Jadi Memasaknya



Simak Video "Bikin Laper: Jajan Seafood Saus Padang Satu Kuali Rp 575 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com