5 Tips dan Cara Membulatkan Bakso Agar Tidak Lembek

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 03 Des 2020 14:30 WIB
Tips dan Cara Membulatkan Bakso Agar Tidak Lembek Foto: instagram @reseptiktok
Jakarta -

Banyak orang coba membuat bakso sendiri di rumah. Supaya berhasil, 5 tips dan cara membulatkan bakso ini bisa dicontek agar tidak lembek.

Bakso adalah bola-bola daging yang disajikan dengan kuah kaldu gurih dan segar. Bisa terbuat dari daging sapi, ayam, hingga seafood. Namun yang paling populer di Indonesia adalah bakso sapi.

Bakso sapi ada yang berserat halus dan kasar karena ditambahkan urat. Bentuknya menyerupai kepalan besar dengan isian telur ayam rebus hingga daging cincang.

Selain beli di supermarket atau tukang bakso, kamu juga bisa membuat bakso sendiri di rumah. Beberapa tips dan cara membulatkan bakso ini mungkin bisa jadi panduan. Ada yang memakai tangan hingga ujung piring.

Berikut 5 tips dan cara membulatkan bakso agar tidak lembek:

1. Pakai Tangan

Tips dan Cara Membulatkan Bakso Agar Tidak LembekTips dan Cara Membulatkan Bakso Agar Tidak Lembek Foto: bengkelbakso.com

Bakso umumnya berbentuk bulat. Namun karena adonan untuk membuat bakso agak encer, maka agak sulit untuk membentuknya menjadi bulatan sempurna. Cara tradisional untuk membulatkan bakso adalah menggunakan tangan.

Sebelumnya tangan harus dalam keadaan bersih terlebih dahulu agar kuman tidak menempel ke adonan bakso. Kamu bisa juga menggunakan sarung tangan agar lebih terjaga kehigenisannya. Langkahnya cukup sederhana, pertama kamu ambil adonan bakso itu memakai tangan.

Kemudian ditekan-tekan hingga adonan bakso berbentuk bulat keluar di antara telunjuk dan jempol. Jika sudah membentuk bulatan sempurna, lalu sendoki adonan bakso dan masukkan ke dalam rebusan air mendidih.

Baca Juga: Resep Bakso Sapi Bisa Dibuat Sendiri dengan 5 Langkah Ini

2. Pakai Dua Sendok

Jika tak ingin tangan kotor, tips selanjutnya yaitu memakai dua sendok . Cara membulatkan bakso ini juga sering dilakukan oleh para penjual bakso.

Caranya juga mudah, kamu tinggal ambil adonan bakso menggunakan sendok. Kemudian dibentuk dengan dua sendok tersebut hingga bentuknya bulat sempurna.

Jika sudah berbentuk bulat, barulah adonan bakso itu dimasukkan ke dalam rebusan air mendidih. Cara ini biasa dilakukan karena terbilang mudah dan lebih cepat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com