Bakso Klasik

Tips Bikin Bakso Sapi yang Empuk Juicy dengan Kaldu Gurih

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 08 Feb 2020 10:00 WIB
Bikin bakso Foto: Istock
Jakarta -

Tips bikin bakso sapi ini bisa jadi panduan kalau kamu mau bikin bakso sendiri di rumah. Mulai dari memilih daging sampai merebus bakso.

Tak melulu beli, sesekali kamu bisa meracik bakso sendiri di rumah. Ada tips bikin bakso sapi yang bisa jadi panduan. Agar menghasilkan bakso yang enak, juicy, bersih, dan murah.

Jika membuat sekaligus banyak, bakso bisa disimpan di lemari es atau freezer. Saat ingin memakannya, kamu cukup merebus bakso secukupnya dengan pelengkap kuah kaldu, mie atau bihun, dan ragam sayuran. Berikut tips bikin bakso sapi yang empuk dan enak.

Baca Juga: Laris Sejak Puluhan Tahun, 5 Bakso Legendaris Ini Tetap Eksis hingga Sekarang

1. Jenis daging

Tips Bikin Bakso Sapi yang Empuk Juicy dengan Kaldu GurihFoto: iStock


Bagian paha atas yang bersih dari lemak dan otot adalah pilihan terbaik untuk bahan utama bakso sapi. Siapkan 1 kg daging sapi bagian paha atas atau has luar. Selanjutnya, potong-potong kecil daging sapi.

2. Bumbu bakso sapi
Tips bikin bakso sapi selanjutnya adalah menyiapkan bumbu. Siapkan 2 sdm bawang putih goreng, 1 sdm bawang merah goreng, 1 sdm kaldu ayam bubuk, 1 sdt merica bubuk, 1 sdt baking powder dan 2 sdt garam.

Siapkan juga bahan pengenyal dari 100 gram tepung tapioka dan 250 gram es batu bentuk cube atau yang dimemarkan kasar.

3. Haluskan daging

Tips Bikin Bakso Sapi yang Empuk Juicy dengan Kaldu GurihFoto: dok. detikFood


Daging dan bumbu bakso sapi perlu dihaluskan bersama. Gunakan food processor, proses bawang merah dan bawang putih goreng hingga halus benar dan sedikit menggumpal.

Kemudian masukkan daging sapi yang sudah dipotong, tepung tapioka, bahan bumbu lainnya, dan es batu. Proses kembali hingga seluruh bahan tercampur rata sampai adonan kental dan bisa dibentuk.

4. Bentuk adonan dan rebus bakso
Tips bikin bakso sapi juga termasuk membentuk adonan bakso. Caranya, siapkan air dalam panci dan panaskan sampai hangat-hangat kuku. Menggunakan tangan dan sendok makan, bentuk adonan jadi bola-bola yang padat dan mulus.

Pakai ibu jari dan telunjuk untuk memudahkan proses ini. Selanjutnya masukkan bola-bola daging yang sudah jadi ke dalam air hangat. Biarkan terendam.

Setelah semua adonan jadi, rebus bakso dengan api kecil hingga mengapung dan matang. Tiriskan bakso dan pindahkan ke dalam baskom berisi air es. Biarkan sampai dingin, tiriskan. Bakso pun siap diolah atau disimpan sebagai stok.

5. Membuat kaldu untuk kuah bakso

Tips Bikin Bakso Sapi yang Empuk Juicy dengan Kaldu GurihFoto: Istock


Selain adonan bakso, yang membuat bakso enak tentulah kaldu atau kuahnya. Buat kaldu dengan merebus daging atau tetelan sapi plus lemak. Rebus hingga mendidih lalu angkat. Buang air perebus dan kotorannya.

Setelah itu rebus kembali daging dan lemak dengan air secukupnya sampai daging empuk. Gunakan api kecil supaya kaldu tidak keruh nantinya.

Sebagai bumbunya tambahkan bawang putih cincang, merica butiran, dan daun bawang. Bisa juga pakai kaldu ayam bubuk. Lanjutkan merebus hingga kaldu susut sampai seperempat bagian, lalu angkat. Terakhir jangan lupa menyaring kaldu daging. Kaldu bisa langsung dipakai atau dibekukan untuk stok.

Baca Juga: Ini Caranya Bikin Kaldu Daging Enak Buat Kuah Bakso



Simak Video "Masak Masak: Resep Kreasi Bakso Lava Super Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com