3 Makanan Asia Kaya Khasiat, Sup Ayam Hitam hingga Jamur Ulat!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 01 Des 2020 18:00 WIB
3 Makanan Asia Kaya Khasiat, Sup Ayam Hitam hingga Jamur Ulat! Foto: YouTube Best Ever Food Review Show

2. Buddha Jumps Over the Wall

3 Makanan Asia Kaya Khasiat, Sup Ayam Hitam hingga Jamur Ulat!3 Makanan Asia Kaya Khasiat, Sup Ayam Hitam hingga Jamur Ulat! Foto: YouTube Best Ever Food Review Show

Sonny juga mengunjungi Baoz Dimsum untuk mencari tahu makanan Asia kaya khasiat lainnya. Ia disuguhi Buddha Jumps Over the Wall yang merupakan makanan tradisional China. "Ini sangat bagus untuk otak dan otot-otot di tubuh," ujar pemilik restoran.

Olahan sup ini dibuat dari sirip hiu yang kontroversial. "Kalau tidak memakai sirip hiu, hidangan ini tidak ada artinya. Sirip hiu adalah bahan penting untuk Buddha Jumps Over the Wall," kata si pemilik restoran.

Untuk membuatnya, seekor ayam utuh, ceker ayam, dan tulang babi direbus bersamaan. Kemudian tambahkan kulit jeruk keprok (tangerine) kering. Rebus campuran ini dengan api kecil selama dua hari. Setelah itu, barulah ditambahkan bahan-bahan lain ke dalam sup.

Buddha Jumps Over the Wall disajikan dalam mangkuk kecil dengan isian kubis, ragam kenis jamur, tendon rusa, mentimun laut, daging ayam, abalone, dan banyak lainnya. Setelah itu ditambahkan kaldu dan pepper tree flower wine.

Saat hendak mencicipi, Sonny langsung terpikat dengan aroma Buddha Jumps Over the Wall. "Rasanya gurih, tidak ada rasa satu bahan yang terlalu kuat. Semua rasa seperti bercampur dengan pas," kata Sonny.

3. Sup bebek dengan jamur ulat

3 Makanan Asia Kaya Khasiat, Sup Ayam Hitam hingga Jamur Ulat!3 Makanan Asia Kaya Khasiat, Sup Ayam Hitam hingga Jamur Ulat! Foto: YouTube Best Ever Food Review Show

Sonny tak melewatkan cicip sajian berbahan jamur ulat (caterpillar fungus). Nama lainnya adalah yartsa gunbbu. Jamur ini secara teknis bukan masuk golongan rumput atau ulat, melainkan larva.

Jamur ulat dijual salah satu toko herbal di Vietnam, milik Dr. Nguyen Huu Truong. Bahan makanan ini terkenal istimewa karena hanya ada di Tibet dan harganya mahal, bahkan lebih mahal dari emas. Salah satu manfaat terkenalnya adalah meningkatkan libido pria.

Dr. Nguyen Huu Truong mengolah jamur ini dengan sup bebek. Tentu saja dengan bahan-bahan kaya khasiat lain seperti jujube, jamur putih yang sudah dihilangkan kandungan airnya, biji teratai, goji berry, ginseng, hingga kulit tangerine. Semua bahan direbus bersamaan kaldu bebek.

Untuk rasa jamur ulat, Sonny menyebut seperti kentang goreng yang renyah. "Tapi tidak ada rasa yang terlalu kuat dari jamur ulat," katanya. Harga jamur ulat pun tak main-main. Untuk 4 gram saja bisa dijual USD 250 dollar atau sekitar Rp 3,5 juta!

Baca Juga: Wah! Selama 24 Jam, Bule Ini Coba Ragam Olahan Testis di Vietnam

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com