3 Makanan Asia Kaya Khasiat, Sup Ayam Hitam hingga Jamur Ulat!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 01 Des 2020 18:00 WIB
3 Makanan Asia Kaya Khasiat, Sup Ayam Hitam hingga Jamur Ulat! Foto: YouTube Best Ever Food Review Show
Jakarta -

Beberapa makanan Asia terkenal dengan manfaat sehatnya. Dibuat dengan aneka rempah dan herba yang sarat akan tradisi. Berikut tiga makanan Asia kaya khasiat yang menarik perhatian.

Di beberapa negara Asia, khususnya China, makanan tak sekadar mengisi perut dan memuaskan selera, tapi juga untuk menyehatkan tubuh. Bahkan ada prinsip yang meyakini makanan adalah obat dan obat adalah makanan.

Keduanya saling berkaitan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Biasanya makanan Asia yang kaya khasiat ini diracik dengan banyak rempah dan herba. Tiap jenisnya sudah terkenal kaya manfaat.

YouTuber Sonny yang merupakan sosok di balik akun Best Ever Food Review Show tertarik menyelami makanan Asia kaya khasiat. Ia mengunjungi beberapa tempat di Vietnam untuk mencari tahu menu-menu populer.

Ia menemukan sup ayam hitam, Buddha Jumps Over the Wall yang unik, hingga sup bebek dengan tambahan jamur ulat yang terkenal mahal. Berikut hasil penelusurannya:

1. Sup ayam hitam

3 Makanan Asia Kaya Khasiat, Sup Ayam Hitam hingga Jamur Ulat!3 Makanan Asia Kaya Khasiat, Sup Ayam Hitam hingga Jamur Ulat! Foto: YouTube Best Ever Food Review Show

Sup ayam hitam jadi makanan berkhasiat yang populer di Vietnam. Salah satunya dijajakan Ms. Nguyen yang terkenal sebagai pakar ayam hitam. Ia menyebut jenis ayam ini berbeda dari ayam biasa karena tekstur dagingnya yang sangat lembut.

Untuk membuat sup ayam hitam, pertama cuci bersih seluruh potongan ayam lalu rebus dalam larutan kaldu selama 3 jam menggunakan api kecil. Setelah itu masukkan ayam ke dalam mangkuk tanah liat, tambahkan kaldu herba, jamur, ginseng, dan goji berries. Kukus sup ayam hitam selama 15 menit.

Terlihat sup memiliki kuah berwarna hitam gelap. Sonny menyebut rasanya mirip sup ayam yang biasa ia makan di Vietnam. Seluruh bagian ayam hitam juga bisa dikonsumsi. Supaya makin enak, bisa dicocol ke campuran garam, lada, dan perasan jeruk nipis.

Bagian terenak dari ayam hitam konon ada pada kepalanya. Terdiri dari otak, tulang, dan kulit yang jadi satu. "Rasanya enak, tapi karena sudah direbus lama dengan berbagai bumbu herba, rasa gurihnya sama," tutur Sonny.

Baca Juga: Makan Enak Keliling Dunia, Ini 5 Kanal YouTube yang Seru Ditonton di Rumah

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com