Heboh Ceramah Tumpeng Itu Hindu, Kaesang: Kalau Bentuk Hello Kitty?

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 30 Nov 2020 12:31 WIB
Heboh Ceramah Tumpeng Itu Hindu Foto: Twitter @HafidzAlattas @kaesangp
Jakarta -

Tumpeng jadi topik hangat setelah potongan video ceramah Ustaz Abdul Aziz yang menyebutkan tumpeng adalah ajaran Hindu beredar luas. Kaesang Pangarep ikut berikan respon soal tumpeng itu.

Tumpeng adalah makanan khas Indonesia berupa olahan nasi berbentuk segitiga (kerucut) yang di sekelilingnya berisi aneka lauk. Seperti ayam goreng, orek tempe, telur, hingga urapan sayur.

Belakangan tumpeng jadi topik hangat, karena penceramah Ustaz Abdul Aziz menyebutkan kalau tumpeng merupakan simbolisasi dari agama Hindu. Ia menyebutkan, "Barang siapa yang sudah membikin tumpeng berarti dia sudah beragama Hindu," ujar Ustaz Abdul Aziz pada video tersebut.

Dalam video itu juga Ustaz Abdul Aziz memulai ceramahnya dengan menampilkan gambar tumpeng berbentuk segitiga (kerucut). Lalu ia juga menyebutkan dalam ceramahnya kalau bentuk tumpeng ini adalah wujud manifestasi trimurti dewa Hindu yaitu Shiwa, Wishnu, dan Brahmana.

Heboh Ceramah Tumpeng Itu HinduHeboh Ceramah Tumpeng Itu Hindu Foto: Twitter @HafidzAlattas

Baca Juga: Tumpeng Mini dengan Lauk Komplet Ada di 5 Tempat Ini

"Konsep di dalam agama Hindu, kastra Sudra yang sulit baca 'Om swastiastu awikina wastu Eka eva Brahmana' sahadatnya sulit nggak itu ayah bunda? Maka di dalam kitab itu kasta sudra cukup membikin tumpeng. Bentuknya segitiga yang dimaksud di sini adalah trimurti, manifestasi Dewa Brahma, Shiwa, dan Whisnu," jelas Ustaz Abdul Aziz.

Heboh Ceramah Tumpeng Itu HinduHeboh Ceramah Tumpeng Itu Hindu Foto: Twitter @HafidzAlattas @kaesangp

Oleh karenanya beliau mengajak kepada jemaahnya untuk meninggalkan tradisi tumpeng berbentuk segitiga (kerucut). Ia menyebutkan bisa menggantinya dengan kreasi lain.

"Tidak usah bikin tumpeng, tapi Anda ratakan saja. Bisa Anda taruh di piring, bisa Anda letakkan di kotak makan," ujarnya.

Heboh Ceramah Tumpeng Itu HinduHeboh Ceramah Tumpeng Itu Hindu Foto: Twitter @HafidzAlattas @kaesangp

Kalimat yang dilontarkan oleh Ustaz Abdul Aziz ini ternyata menjadi pro kontra. Pasalnya banyak orang beragama lain, termasuk Islam membuat tumpeng dan menikmatinya.

Seperti seorang netizen bernama Hafidz Alattas, dalam Twitter-nya @HafidzAlattas (29/11) menuliskan keterangan, "Ini serius, Ustaz? Aduhh, saya, ibu saya, istri saya dan berapa juta orang Islam sudah jadi Hindu ini!? Islam yang mudah, dipersulit olehnya."

Cuitan inipun viral di Twitter dan membuat banyak netizen memberikan tanggapan soal tumpeng tersebut. Banyak yang mempertanyakan soal tumpeng dengan bentuk lain seperti ketika dicetak bentuk hati hingga tokoh kartun.

Heboh Ceramah Tumpeng Itu HinduHeboh Ceramah Tumpeng Itu Hindu Foto: Twitter @HafidzAlattas @kaesangp

Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo yang kini aktif berbisnis juga ikut menanggapi soal tumpeng. Kaesang mengunggah foto tumpeng berbentuk Hello Kitty, karakter kucing kartun yang imut.

"Kalo tumpengnya helo kiti gimana?" tanyanya pada cuitan di Twitter @kaesangp (29/11).

Cuitan Kaesang Pangarep ini akhirnya viral. Banyak yang menanggapinya dengan tumpeng berbentuk Barbie, Minion, Sponge Bob, hingga tumpeng dari mie goreng.

Heboh Ceramah Tumpeng Itu HinduHeboh Ceramah Tumpeng Itu Hindu Foto: Twitter @HafidzAlattas @kaesangp

"Ini aja (tumpeng Barbie), biar setelah makan bisa main," tulis netizen.

"Kalo bentuknya minion sama anak pitek juga gimana?" sahut netizen lain.

"Gimana kalo ini (tumpeng dari mie goreng)?" komentar lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Nasi Tumpeng 17 Agustus Plus Lauk-pauknya



Simak Video "Tradisi Tumpeng Robyong, Tuban"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com