Pilot Ganteng Di-PHK, Alih Profesi Jadi Penjual Burger

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 30 Nov 2020 18:30 WIB
Pilot Ganteng Di-PHK, Alih Profesi Jadi Penjual Burger Foto: Facebook Smashed.my
Jakarta -

Mantan pilot, Mohammed Naeem Md Nassir tak putus asa saat dirinya di-PHK. Kini ia menjalankan bisnis burger khas Oman yang unik.

Dikabarkan Malay Mail (30/11), Mohammed Naeem Md Nassir adalah pilot Malaysian Airlines Bhd (MAS) dari tahun 2014-2018. Lalu pada 2018, dirinya pindah ke Oman Air. Tapi sayang karir di tempat barunya ini harus terhenti karena pandemi Covid-19.

"Saat saya menerima surat pemberhentian dari Oman Air tahun ini karena pandemi, saya tahu industri penerbangan akan butuh waktu lama untuk pulih. Saya lalu freelance mengerjakan videografi drone, tapi itu tidak bertahan lama karena merupakan pasar khusus," katanya.

Suatu hari, saat Naeem dan istrinya tengah di rumah karena 'lockdown', mereka mendambakan burger seperti yang dijual di Oman.

"Sesuatu tentang burger Oman terasa tepat. Dan ada satu gerai burger smashed patties terkenal, jadi saya dan istri meneliti resepnya dan bereksperimen dengan burger ini," lanjut Naeem.

Pilot Ganteng Di-PHK, Alih Profesi Jadi Penjual BurgerPilot Ganteng Di-PHK, Alih Profesi Jadi Penjual Burger Foto: Facebook Smashed.my

Akhirnya ia dan istri mendirikan gerai burger sendiri yang diberi nama Smashed. Lokasinya di Shah Alam, Malaysia. Saat ini usianya baru sekitar dua bulan.

"Burger yang saya biasa nikmati mahal, jadi saya ingin menyediakan burger yang lebih terjangkau dengan kualitas yang sama," ungkapnya.

Pilot 30 tahun ini dibantu sang istri dalam mendirikan bisnis burger. Tentu saja semuanya melalui proses yang tak mudah. Selama beberapa minggu, Naeem melihat video-video tutorial pembuatan burger tiap malam, lalu coba membuatnya.

Baca Juga: Pilot Ini dengan Bangga Pakai Seragamnya Untuk Jualan Rujak

Naeem berujar, "Saya butuh waktu satu bulan untuk melatih kemampuan memasak dan memanggang, dan saya senang sampai sekarang istri saya tidak bosan dengan burger buatan saya."

Bekerja di Oman membawa keuntungan bagi Naeem karena ia bisa menabung cukup banyak. Uang tabungannya inilah yang dijadikan modal untuk mendirikan Smashed.

Selain itu, ia juga merasa beruntung bisa bertemu dengan pemilik gerai Burger Bros. Ia diperkenalkan pada banyak pemasok bahan makanan yang harganya ideal.

Pilot Ganteng Di-PHK, Alih Profesi Jadi Penjual BurgerPilot Ganteng Di-PHK, Alih Profesi Jadi Penjual Burger Foto: Facebook Smashed.my

Mengenai peralihan profesi dari pilot menjadi penjual burger diakui Naeem terbilang drastis. "Dulu saya terbiasa nyaman di cockpit, menerbangkan pesawat, sekarang beralih ke hal baru dimana saya secara konstan berdiri di sebelah panggangan," ujarnya.

Meski begitu, ia menilai profesi pilot dan penjual burger punya kesamaan. Keduanya harus memastikan semua proses berjalan lancar, aman, dan efisien.

Naeem pun sangat menikmati profesi barunya ini. "Terutama ketika saya melihat wajah bahagia para pelanggan, didampingi istri saya dan mendapat dukungan dari teman dan keluarga," ujarnya.

Smashed berlokasi di dalam restoran bernama Nasi Kandar Zubair Bistro di Bukit Jelutong, Shah Alam. Salah satu menu andalan mereka adalah Burger Smashin' Bacon yang dijual RM 13 atau sekitar Rp 45 ribu. Lalu ada juga pilihan burger dengan tambahan telur mata sapi dan keju yang gurih creamy.

Baca Juga: 5 Pilot Alih Profesi Jadi Penjual dan Pengantar Makanan Saat Pandemi

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com