Ini Dia Restoran China Tertua di Amerika, Usianya Sudah 109 Tahun!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 30 Nov 2020 16:00 WIB
Ini Dia Restoran China Tertua di Amerika, Usianya Sudah 109 Tahun! Foto: CBS News
Jakarta -

Restoran China tertua di Amerika Serikat ini jadi sorotan. Usianya sudah mencapai 109 tahun dan masih beroperasi sampai sekarang. Apa sih menu andalannya?

Restoran China punya sejarah panjang, tak hanya di negara asalnya, tapi juga di banyak negara lain. Seperti halnya di Amerika Serikat (AS) dimana restoran China pertama kali muncul pada tahun 1911.

Dikutip dari Next Shark (27/11), restoran China pertama di AS bukan berada di New York atau San Francisco, melainkan di Butte, Montana.

Namanya The Pekin Noodle yang sudah melewati masa-masa sulit selama beroperasi. Mulai dari pandemi tahun 1918, Perang Dunia II yang berlangsung 1939-1945, hingga hingga pandemi Covid-19 yang terjadi tahun 2020.

Ini Dia Restoran China Tertua di Amerika, Usianya Sudah 109 Tahun!Ini Dia Restoran China Tertua di Amerika, Usianya Sudah 109 Tahun! Foto: CBS News

"Ini adalah restoran kecil milik keluarga, dimana ibu saya pernah bekerja di sini, ayah saya juga," ujar Jeremy Tam, generasi ketiga anak pemilik restoran, Danny Wong dan Sharon Chu.

Ia melanjutkan, "Saya punya 4 kakak perempuan yang semuanya pernah bekerja di sini. Pekerjaan pertama saya adalah cuci piring, dan saya sampai sekarang masih melakukannya."

Hum Yow dan Tam Kwong Yee yang merupakan paman dan kakek Danny Wong, berturut-turut mendirikan Pekin Noodle Par di atas klub judi. Kemudian klub judi sempat berubah jadi toko herbal sebelum akhirnya ditutup.

Wong yang saat ini berusia 86 tahun, dulunya pindah dari China ke Amerika Serikat pada tahun 1945. Ia bekerja di Pekin Noodle Parlor untuk mencari uang.

Wong kemudian berhasil membeli restoran China ini dari Hum Yow usai ia pensiun. Wong juga berhasil mengatur dan menjalankan operasional restoran sejak saat itu.

Ini Dia Restoran China Tertua di Amerika, Usianya Sudah 109 Tahun!Ini Dia Restoran China Tertua di Amerika, Usianya Sudah 109 Tahun! Foto: CBS News

Baca Juga: Ternyata Ini Nih Alasan Restoran China Sering Tutup Hari Senin

Di Montana sendiri, banyak orang China berdatangan sejak abad 19. Mereka datang untuk bekerja dan ada pula yang coba keluar dari masalah kemiskinan, kelaparan, dan politik yang terjadi di kampung halaman.

Pekin Noodle Parlor menyimpan banyak peninggalan dari masa lampau, termasuk mesin kasir, talenan kayu, hingga koper zaman dulu milik ayah Tam yang dibawanya saat ia bermigrasi tahun 1947.

Soal interior, restoran China tertua di Amerika ini terkenal dengan warna oranye yang ikonik. Kemudian sempat ada juga bilik-bilik yang bertujuan untuk melindungi privasi tamu saat makan, tepatnya di tahun 1900an.

Ini Dia Restoran China Tertua di Amerika, Usianya Sudah 109 Tahun!Ini Dia Restoran China Tertua di Amerika, Usianya Sudah 109 Tahun! Foto: CBS News

Untuk menunya, Pekin Noodle Parlor menawarkan menu China gaya Amerika. Ada ayam asam manis, wonton goreng, daging babi BBQ gaya China, nasi goreng babi, hingga pork chow mein.

Harga menunya masih tergolong terjangkau. Saat ini berkisar dari USD 9.59 hingga 11.99 atau sekitar Rp 135 ribu hingga 155 ribu per porsi.

"Saya rasa orang-orang di Butte, mereka mencintai ayah saya, mereka menyukai restoran, dan mereka tidak akan pernah ingin melihat sesuatu terjadi padanya," tutup Tam.

Baca Juga: 5 Restoran China Legendaris Ini Punya Sajian Enak Sejak Puluhan Tahun

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com