Bakmi Goreng Seafood Gaya Bangka Ada di Kedai Bakmi Kekinian Ini

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 28 Nov 2020 11:30 WIB
Bakmi Goreng Seafood Gaya Bangka Ada di Kedai Bakmi Kekinian Ini Foto: detikFood
Jakarta -

Kedai bakmi kekinian ini menawarkan racikan mie gaya Bangka dengan aneka topping. Terbaru ada bakmi goreng seafood bertopping ikan dori hingga kerang putih.

Bakmi merupakan makanan khas Tiongkok yang sangat digemari di Indonesia. Bakmi bisa dikenal di sini karena 'dibawa' pedagang-pedagang Tiongkok di masa lampau.

Bakmi sangat terkenal terutama di daerah "pecinan" di Indonesia. Berbagai varian bakmi pun sudah banyak disesuaikan dengan selera Indonesia.

Tempat makan bakmi di Indonesia sendiri juga sangat beragam. Mulai dari penjual gerobak kaki lima hingga restoran terkemuka.

Salah satu variasi bakmi di Indonesia adalah bakmi Bangka. Berbeda dengan bakmi biasa, bakmi Bangka punya karakteristik tersendiri.

bakmi bangkaIlustrasi bakmi bangka Foto: istimewa

Bakmi khas Bangka biasanya memiliki tekstur mie yang lebih kenyal. Perbedaan selanjutnya ada pada sayur pelengkap. Bukan hanya sawi, bakmi Bangka juga ditambahkan tauge.

Jika biasanya bakmi bangka dijajakan penjual gerobakan atau di rumah makan biasa, Demie Bakmie 69 mengusung konsep berbeda.

Restoran bakmi khas Bangka ini menghadirkan suasana ala China-Jepang. Pengunjung bisa saksikan live cooking pengolahan bakmi hingga ke dalam mangkuk.

Untuk bumbunya memakai saus XO ebi khas Bangka sehingga rasa bakmi buatan Demie Bakmie 69 juga dijamin otentik Bangka.

Demie Bakmie (26/11) baru saja merilis menu baru bernama Demie Goreng Seafood. Berupa mie besar yang diracik bersama telur ayam, ikan dori, kerang hiijau, kerang tahu, dan kerang putih.

Bakmi Goreng Seafood Gaya Bangka Ada di Kedai Bakmi Kekinian IniBakmi Goreng Seafood Gaya Bangka Ada di Kedai Bakmi Kekinian Ini Foto: detikFood

Ada juga puding mangga yang merupakan menu manis pertamanya. Pemilihan puding mangga berawal dari kegemaran sang pemilik pada puding mangga ala Chinese.

Kesulitannya mencari puding mangga sesuai seleranya di Jakarta membuat ia berinisiatif bikin puding mangga ini sendiri. Ia lalu menyajikannya di restoran miliknya.

Tekstur pudingnya sangat halus dan terasa manis segar. Lalu ada pelengkap potongan mangga segar dan vla yang berasal dari susu kedelai.

Baca Juga: 5 Warung Chinese Food Kaki Lima di Mangga Besar, Ada Bubur hingga Bakmi

Selain hidangan bakminya yang beragam, kedai ini juga menawarkan menu tambahan yang diberi nama Senex. Mulai dari pangsit goreng, bakso goreng, hingga suikiaw bisa jadi pelengkap bakmi.

Suikiaw merupakan salah satu menu tambahan yang paling banyak dicari orang. Suikiaw merupakan camilan khas Tiongkok serupa dengan gyoza yang diolah dengan cara digoreng.

Selain menu makanan, menu minumannya pun cukup menarik. Minuman yang disediakan memang tidak banyak variasinya, namun termasuk unik.

Ada es jeruk, liang teh, dan susu kacang yang siap membilas mulut setelah mengunyah bakmi. Pilihan menu ini cukup jarang tersedia di kedai bakmi lain.

Bakmi Goreng Seafood Gaya Bangka Ada di Kedai Bakmi Kekinian IniBakmi Goreng Seafood Gaya Bangka Ada di Kedai Bakmi Kekinian Ini Foto: detikFood

Interior Demie Bakmie sengaja dibuat menyerupai warung makan mie khas Jepang. Terdapat area makan di dalam maupun luar ruangan. Pada area makan di dalam ruangan disediakan pula tempat makan yang berada tepat di bagian depan dapur.

Di sini pengunjung disuguhkan pemandangan live cooking pembuatan bakmi. Dibatasi dengan kaca, pengunjung tetap bisa melihat bagaimana makanan mereka disiapkan.

Live cooking seperti ini juga dapat menjadi hiburan bagi pengunjung agar tidak bosan saat menunggu pesanan. Melihat tangan terampil para chef saat memasak makanan adalah suatu pelayanan yang tidak bisa didapatkan di semua restoran atau tempat makan.

Pelayanan yang cepat dan ramah juga menjadi salah satu keunggulan kedai bakmi ini. Tempatnya cukup bisa direkomendasikan sebagai tempat ngobrol, kumpul dengan teman atau makan dengan keluarga.

Baca Juga: Pencinta Bakmi, 3 Tips Ini Bisa Bikin Rasa Bakmi Lebih Enak

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com