Mie Gerobak Enak

Pencinta Bakmi, 3 Tips Ini Bisa Bikin Rasa Bakmi Lebih Enak

Riska Fitria - detikFood Minggu, 10 Nov 2019 10:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Mie Gerobak Enak
Jakarta - Untuk memaksimalkan cita rasa bakmi, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tips tersebut diungkapkan oleh Tirta Lie, seorang pakar bakmi.

Tirta Lie dikenal sebagai pakar bakmi yang sudah mencicipi 1.000 bakmi di berbagai tempat di Jakarta. Karenanya ia sudah mengetahui mana bakmi yang lezat dan mana yang tidak. Untuk mengetahui hal tersebut, Tirta Lie mengungkap 3 tips yang perlu dilakukan saat makan bakmi agar rasanya maksimal. Berikut 3 tips tersebut.

Baca Juga : Pagi Ini Paling Mantap Jajan Bakmi Bangka Enak Topping Ayam Cincang di Sini

1. Aduk Mie
Pencinta Bakmi, 3 Tips Ini Bisa Bikin Rasa Bakmi Lebih EnakFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Saat pesanan bakmi disajikan, hal yang pertama dilakukan adalah mengaduk mienya hingga merata. Untuk dapat mengaduk mienya, maka Anda perlu untuk menyisihkan toppingnya terlebih dahulu.

"Pastikan untuk mengaduk dulu, karena terkadang para pedagang itu gak sempat untuk mengaduk bakminya. Entah karena faktor ramai jadi mereka gak sempet ngaduk atau karena faktor lain," ujar Tirta Lie.

2. Jangan Buru-buru Mencampurkan Sambal
Pencinta Bakmi, 3 Tips Ini Bisa Bikin Rasa Bakmi Lebih EnakFoto: Istimewa

Setelah bakmi sudah diaduk merata hingga bumbunya meresap, maka jangan terburu-buru untuk menambahkan sambal, kecap, ataupun kuah. Tirta Lie mengatakan itu bisa mengubah cita rasa asli dari mie.

"Kalau mienya sudah tercampur dengan bahan-bahan seperti itu, maka kita tak bisa menilai rasa asli mienya seperti apa," kata Tirta Lie.

3. Makan Mienya Terlebih Dahulu
Pencinta Bakmi, 3 Tips Ini Bisa Bikin Rasa Bakmi Lebih EnakFoto: Istimewa

Saat ingin dicoba, usahakan untuk mencicipi mienya terlebih dahulu agar bisa merasakan mienya sebelum lidah terkontaminasi dengan rasa-rasa yang dihasilkan dari toppingnya.

"Ketika kita makan dagingnya terlebih dahulu, otomatis lidah kita sudah terkontaminasi dengan bumbu dari dagingnya yang lebih kuat dari pada mienya,"

Setelah mengetahui rasa dari mie itu sendiri, barulah kemudian bisa dimakan bersama dengan campuran topping seperti daging, bakso hingga pangsit.

Baca Juga : Mie Ayam Legendaris di Bandung yang Kenikmatannya Teruji Zaman

Simak Video "Lawa Ikan, Kuliner Legendaris dari Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)
FOKUS BERITA Mie Gerobak Enak