Salut! Kisah Inspiratif dari Penjual Mie Ayam yang Hobi Sedekah

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 26 Nov 2020 17:30 WIB
Penjual Mie Ayam yang Hobi Sedekah Foto: TikTok @galang_fatih
Jakarta -

Bersedekah tak perlu menunggu kaya, begitulah prinsip yang diyakini penjual mie ayam ini. Walaupun hidupnya sederhana, ia tak lupa bersedekah pada sesama.

Umat Muslim dianjurkan untuk bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Karena bersedekah itu merupakan ibadah dan bentuk rasa syukur.

Bersedekah tak hanya dalam bentuk materi yang besar, tapi bisa dilakukan seikhlasnya. Tak perlu juga menunggu menjadi orang kaya untuk bersedekah, siapapun bisa bersedekah.

Seperti yang dilakukan oleh penjual mie ayam satu ini. Walaupun hidupnya sederhana, tapi penjual mie ayam ini tak lupa untuk menyisihkan sedikit rezekinya guna bersedekah.

Baca Juga: Nenek Ini 20 Tahun Sedekah Tetesan Gula Merah ke Semut, Ini Keberkahannya

Penjual Mie Ayam yang Hobi SedekahPenjual Mie Ayam yang Hobi Sedekah Foto: TikTok @galang_fatih

Adalah Udin yang sehari-harinya berjualan mie ayam menggunakan gerobak. Ia terlihat membagikan mie ayam secara gratis untuk yang membutuhkan di sebuah Masjid.

Momen ini terekam kamera seorang netizen TikTok dengan akun @galang_fatih. Netizen ini memperlihatkan banyak orang berada di sebuah masjid sedang menikmati semangkuk mie ayam.

Ketika yang lain menikmati mie ayam mereka di teras masjid, Udin memilih menikmatinya di luar masjid sambil berjongkok di dekat gerobaknya.

Penjual Mie Ayam yang Hobi SedekahPenjual Mie Ayam yang Hobi Sedekah Foto: TikTok @galang_fatih

"Inilah sosok manusia yang dermawan itu. Baru ini edit video sambil nangis. Kenapa om Udin makannya di situ," tulis keterangan pada video.

Saat ditanya sudah berapa banyak mie ayam yang telah dibagikan. Udin menjawab sekitar 100 mangkuk yang ia bagikan saat itu.

Udin juga menyampaikan nasehat soal bersedekah lewat video tersebut. "Jangan minta ini minta itu, terus itung-itungan begini begini sedekahnya. Yang penting ikhlas karena Allah," ujar Udin.

"Sedekah itu jangan menunggu lapang. Kalau kita menunggu lapang berarti kita pelit. Aku belum lapang, belum punya apa-apa," lanjutnya.

Penjual Mie Ayam yang Hobi SedekahPenjual Mie Ayam yang Hobi Sedekah Foto: TikTok @galang_fatih

Tak hanya membagikan semangkuk mie ayam gratis di masjid tersebut, Udin juga menawarkan mereka untuk membawa pulang sebungkus mie ayam.

Aksi dan nasehat yang diberikan penjual mie ayam ini tampaknya bisa menggetarkan hati netizen. Video ini juga diunggah kembali di akun Instagram @suarasemangat (25/11) dan terlihat banyak netizen salut kepada Udin.

"Alhamdulillah pelajaran buat kita semua," tulis netizen.

"Jadi ingat untuk bersedekah," komentar netizen lain.

"Semoga Allah ganti yang lebih baik," sahut netizen lainnya.

Baca Juga: Inspiratif! Pria Ini Dirikan Rumah Makan Gratis untuk Menolong Sesama



Simak Video "Uniknya Mie Ayam di Borobudur, Mangkuknya Pakai Bakso"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com