Lamaknyo Nasi Kapau

Mengenal Sebeng, Bonus Lauk Nasi Kapau yang Lezat

Riska Fitria - detikFood Kamis, 26 Nov 2020 11:30 WIB
Mengenal Sebeng, Bonus Lauk Nasi Kapau yang Lezat Foto: iStock
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau
Jakarta -

Ketika memesan makanan di lapau nasi kapau, kamu punya hak untuk meminta sebeng. Namun, tahukah kamu apa itu sebeng?

Sama halnya dengan nasi Padang, nasi Kapau juga punya tempat tersendiri di hati penggemarnya. Dalam seporsi nasi Kapau akan disajikan starter pack atau paket dasar yaitu nasi, kuah dan daun singkong.

Kemudian, kamu bisa memesan lauk utama. Pilihannya lauknya beragam. Ada rendang daka-daka, gulai tambusu, ikan mas bertelur, dendeng kering balado, gulai Kapau dan lainnya.

Baca Juga : Ini 5 Perbedaan Rumah Makan Padang dan Lapau Kapau

Mengenal Sebeng, Bonus Lauk Nasi Kapau yang LezatMengenal Sebeng, Bonus Lauk Nasi Kapau yang Lezat Foto: iStock

Nah, di paket dasar dan lauk utama, sebenarnya kamu punya hak untuk meminta sebeng ke penjual nasi Kapau. Hal tersebut pernah diungkap oleh Pakar Kuliner Minang Reno Andam Suri.

Dalam Online Food Tour bertajuk Perjalanan Rantau 'Lapau Nagari Kapau' yang diadakan virtual bersama Aksara Pangan (22/10), Reno menjelaskan bahwa sebeng adalah bonus lauk.

"Jadi setelah kita memilih lauk, lalu uni dengan murah hatinya memberikan sebeng. Sebeng itu bonus. Jadi, kayak komplimen," ujar Reno Andam Suri.

dendengdendeng Foto: detikcom

Ada dua pilihan sebeng, yaitu tambusu dan dendeng. Yang membedakan antara lauk utama dan sebeng adalah ukurannya. Karena sebeng merupakan lauk, biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dari lauk utama.

"Kita boleh milih tapi gak semua orang tahu kalau mereka punya hak minta sebeng ketika membeli nasi Kapau," ujar Reno.

Selain itu, sebeng juga bisa kamu dapatkan ketika kamu meminta porsi tambah. Misalnya, ketika selesai makan kamu merasa kurang, lalu kamu meminta tambah nasi.

Nasi Kapau LanggananNasi Kapau Langganan Foto: dok. detikFood

Si penjual nasi Kapau akan memberikan sepiring nasi lengkap dengan kuah dan lauk sebeng. Namun, menurut Reno Andam Suri, sebeng biasanya diberikan oleh penjual-penjual nasi Kapau yang ada di Bukittinggi.

Reno mengaku kurang familiar apakah sebeng juga diberikan oleh penjual di luar Bukittinggi, seperti Jakarta misalnya. Berdasarkan pengalaman detikFood juga belum pernah mendapat sebeng saat makan nasi Kapau di Jakarta.

Baca Juga : Racikan Nasi Kapau Harus Punya 5 Lauk Istimewa Ini



Simak Video "Sensasi Makan Langsung di Restoran Nasi Kapau Saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Lamaknyo Nasi Kapau

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com