Benih Lobster dan Harga Lobster Mahal, Ini 5 Penyebabnya

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 25 Nov 2020 12:30 WIB
Benih Lobster dan Harga Lobster Mahal, Ini 5 Penyebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/onepony
Jakarta -

Ekspor benih lobster tengah disorot. Ada banyak alasan mengapa lobster memiliki harga yang mahal. Mulai dari budidaya yang sulit hingga distribusi yang panjang.

Polemik benih lobster ini sebenarnya sudah menjadi isu yang ada sejak beberapa tahun lalu di Indonesia. Banyak pro dan kontra seputar ekspor benih yang kini menyeret Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP), Edhy Prabowo yang diamankan KPK (25/11).

Diketahui sebelumnya bahwa saat Susi Pudjiastuti masih menjabat sebagai Menteri KP, terbit larangan penangkapan atau pengeluaran lobster, kepiting hingga rajungan dari Indonesia.

Kemudian aturan ini direvisi oleh Edhy Prabowo yang mengizinkan ekspor benih lobster, dengan tujuan membantu belasan ribu nelayan kecil.

Terlepas dari polemik ini, sejak dulu lobster dikenal sebagai salah satu biota laut yang memiliki harga tinggi. Kisaran harganya bahkan ada yang setara dengan mobil dan motor mewah.

Dilansir dari berbagai sumber berikut lima penyebab mengapa harga lobster mahal.

Baca Juga: Soal Kebijakan Ekspor Benih Lobster yang Bikin Edhy Prabowo Ditangkap KPK


1. Proses tumbuh lobster yang panjang

Benih Lobster dan Harga Lobster Mahal, Ini 5 PenyebabnyaBenih Lobster dan Harga Lobster Mahal, Ini 5 Penyebabnya Foto: Getty Images/iStockphoto/onepony

Ada berbagai alasan mengapa lobster ini sangat mahal. Tapi dilansir dari Memagazine, lobster mahal karena memiliki proses yang panjang dari lautan hingga ke disajikan di atas piring.

Salah satunya karena tidak adanya peternakan lobster. Kebanyakan lobster diambil dari lautan dan perairan bebas. Para nelayan harus melawan cuaca ekstrem untuk bisa menangkap lobster.

Kemudian lobster memiliki waktu pertumbuhan yang cukup lama. Menurut marianne LaCroix selaku perwakilan dari organisasi Lobster di Maine, Amerika, butuh setidaknya waktu tujuh tahun agar lobster memiliki bobot yang pantas untuk dijual.

Hal ini disebabkan karena lobster termasuk hewan custacean yang membutuhkan waktu lama untuk mereka tumbuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Canadian Lobster Berlumur Saus Salted Egg"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com