Kehilangan Pekerjaan, Pria Ini Jualan Jus Pakai Kostum Iron Man

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 25 Nov 2020 10:15 WIB
Kehilangan Pekerjaan, Pria Ini Jualan Jus Pakai Kostum Iron Man Foto: Facebook/Sinar Harian
Jakarta -

Karena pandemi Corona, pria yang satu ini harus kehilangan pekerjaannya. Untuk menyambung hidupnya, ia rela berjualan jus menggunakan kostum Iron Man.

Ada ratusan ribu orang yang kehilangan pekerjaan mereka karena pandemi Corona. Salah satunya seperti pria bernama Muhammad Syukur Mohd Patthi.

Baca Juga: Berkat Kostum Spider-Man Gerai Ini Sukses Jual Burgernya

Dilansir dari Red Chili21 (24/11), Syukur merupakan salah satu karyawan yang kehilangan pekerjaannya. Tapi pria asal Penang, Malaysia ini, tak menyerah dari keadaan.

Untuk mencari penghasilan tambahan, ia memutuskan untuk jualan air jagung atau corn juice di pinggir jalan. Selain itu ia juga rela mengenakan kostum karakter superhero Iron Man untuk menarik pembeli.

Kehilangan Pekerjaan, Pria Ini Jualan Jus Pakai Kostum Iron ManKehilangan Pekerjaan, Pria Ini Jualan Jus Pakai Kostum Iron Man Foto: Facebook/Sinar Harian

Syukur bercerita bahwa ia kehilangan pekerjaannya sekitar bulan Agustus lalu. Setelah dua minggu lamanya ia kesulitan mencari pekerjaan baru, ia akhirnya memutuskan untuk membuat usaha kuliner kecil-kecilan dengan kedua temannya.

"Sebagai anak muda, kita tidak boleh ketergantungan dengan bantuan dan pemberian dari orang lain. Selama kalian masih kuat, lebih baik kalian berusaha sendiri," jelas pria berusia 26 tahun tersebut.

Saat ia masih bekerja di perusahaan telekomunikasi, ia memang memiliki pekerjaan sampingan lainnya. Yaitu menjadi pengisi acara di pesta ulang tahun anak-anak dengan mengenakan kostum superhero.

Kehilangan Pekerjaan, Pria Ini Jualan Jus Pakai Kostum Iron ManKehilangan Pekerjaan, Pria Ini Jualan Jus Pakai Kostum Iron Man Foto: Facebook/Sinar Harian

Namun semenjak pandemi, hampir semua pesta ulang tahun dan acara dibatalkan. Akhirnya Syukur menggunakan kostum Iron Man yang ia miliki untuk berjualan jus.

Meski harus bertahan dalam cuaca panas di balik kostum Iron Man yang pengap, tapi Syukur tak gampang menyerah. Ia terus menawarkan jus buatannya ke mobil-mobil yang lewat di pinggir jalan.

"Pada awal jualan air jagung ini sempat mengalami kerugian hingga 90%. Tapi untungnya sekarang perlahan mulai stabil. Saya juga membagikan beberapa minuman gratis untuk petugas polisi yang bertugas di jalanan," pungkas Syukur.

Sifat positif dari Syukur yang tak gampang menyerah berhasil mendapatkan pujian dari netizen.

"Insya Allah, kami yang masih memiliki pekerjaan akan membantu membeli produk dari pengusaha kecil seperti ini," komen netizen.

Kehilangan Pekerjaan, Pria Ini Jualan Jus Pakai Kostum Iron ManKehilangan Pekerjaan, Pria Ini Jualan Jus Pakai Kostum Iron Man Foto: Facebook/Sinar Harian

"Siapapun yang bertemu dengan penjual jus ini, bisa membantu usaha mereka dengan membeli jus. Kita harus saling membantu satu sama lain pada masa genting seperti ini," lanjut netizen lainnya.

Banyak juga netizen yang mengingatkan bahayanya berada di dalam kostum Iron Man di udara panas.

"Tubuh bisa kepanasan dan berbahaya. Sebaiknya istirahat sekitar 5-10 menit setiap jam dan rajin minum air agar tidak dehidrasi," pungkas netizen.

Syukur sendiri bukan satu-satunya orang yang beralih menjadi penjual makanan dengan kostum superhero.

Sebelumnya ada pria bernama Selvakumar K. Tharmalingam. Ia viral setelah berjualan petai mengenakan kostum Spiderman lengkap Slim River, Perak, Malaysia.

Baca Juga: Keren! Spider-Man Ini Setiap Hari Jualan Petai di Pasar



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com