Di Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara Pemakaman

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 25 Nov 2020 13:30 WIB
Di Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara Pemakaman Foto: Atlas Obscura/Karolina Kristensson

3. Filosofi Permen Pemakaman

Di Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara PemakamanDi Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara Pemakaman Foto: Atlas Obscura/Karolina Kristensson

"Dulu filosofinya tak jauh dari duka cita. Orang-orang berpikir bahwa saat itu mereka tengah berurusan dengan kematian, kehilangan yang amat sangat. Jadi permen ini dibuat dengan tampilan yang suram dan sedih," jelas Ulrika Torell.

Ulrika merupakan kurator di Nordiska Museum. Ia juga menulis buku tentang sejarah permen dan makanan manis dalam konteks sejarah di Swedia.

"Contohnya ketika seorang wanita bernama Svedelli meninggal dunia di tahun 1844. Permen yang dibagikan itu memiliki figur tengkorak di atas bungkusnya. Lengkap dengan gunting yang menggambarkan kematian," jelas Ulrika.


4. Permen Berharga

Di Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara PemakamanDi Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara Pemakaman Foto: Atlas Obscura/Karolina Kristensson

Di Swedia, dulu permen lebih dianggap sebagai barang berharga dibandingkan makanan. Karenanya permen-permen ini tidak pernah dimakan, fungsinya memang jadi pajangan atau disimpan.

Untuk bahan-bahan dari permen ini cukup beragam. Bahan dasarnya masih menggunakan tekstur dari gula, dan tragacanth sejenis bahan makanan yang menciptakan tekstur kenyal.

Bahkan beberapa pembuat permen dulu menambahkan bubuk kapur atau bahan murah lainnya ke dalam adonan permen. Karena mereka berpikir bahwa permen-permen ini tidak akan dimakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Camilan Manis, Yuk Nostalgia Permen Jadul dari Buah!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com