Omelet Cacing yang Bikin Merinding Tapi Jadi Favorit Orang Vietnam

Devi Setya - detikFood Selasa, 24 Nov 2020 16:30 WIB
Omelet Cacing yang Bikin Merinding Tapi Jadi Favorit Orang Vietnam Foto: oddity central
Jakarta -

Setiap daerah dan negara memiliki makanan ekstreme. Seperti di Vietnam, ada omelet cacing yang tampilannya bikin merinding tapi disukai masyarakat.

Apa yang kamu bayangkan saat melihat sekumpulan cacing? Pasti bikin bulu roma berdiri. Tapi di tangan orang-orang Vietnam, cacing justru jadi bahan baku untuk membuat omelet.

Dilansir dari Oddity Central (24/11) omelet atau telur dadar cacing ini merupakan hidangan musiman. Cacing yang digunakan juga dari jenis khusus yakni cacing laut.

Omelet Cacing yang Bikin Merinding Tapi Jadi Favorit Orang VietnamOmelet Cacing yang Bikin Merinding Tapi Jadi Favorit Orang Vietnam Foto: oddity central

Makanan yang sudah diolah sejak berabad-abad tahun lalu ini dikenal dengan sebutan Cha ruoi. Bagi masyarakat Vietnam, cacing ini punya rasa yang gurih dan lezat. Beberapa orang bahkan mengatakan rasanya mirip kaviar.

Setiap tahunnya, di akhir musim gugur, banyak warung jajanan pinggir jalan di Vietnam utara terutama di Hanoi yang menyajikan hidangan yang sangat istimewa. Menu ini tak lain adalah omelet isi cacing.

Banyak orang tidak menyangka kalau omelet ini dibuat dengan campuran cacing. Orang akan menyantapnya dengan lahap karena memang rasanya lezat. Tekstur telur dadar yang lembut ini punya rasa gurih seafood yang tak lain berasal dari cacing.

Untuk membuat rasanya semakin lezat, omelet ini dicampur dengan bawang, parutan kulit jeruk dan aneka rempah. Sebelum dimasak bersama telur, cacing lebih dulu direbus untuk menghilangkan aroma amisnya.

Omelet selalu disajikan hangat dengan pelengkap roti panggang. Jelang musim dingin, omelet ini jadi buruan banyak orang Vietnam.

Cacing laut ini sebenarnya bukan hanya ada di Vietnam. Cacing yang hidup di pesisir pantai ini juga bisa ditemui di beberapa negara lain seperti China, Jepang dan Indonesia.

Cacing ini dianggap sangat istimewa karena tidak bisa ditemui sepanjang tahun. Cacing akan muncul hanya menjelang musim dingin. Di momen inilah banyak orang berlomba menangkap cacing sebagai campuran bahan makanan.

Para nelayan di Vietnam juga sudah mulai belajar membudidayakan cacing ini agar bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lebih lama. Cacing yang ditangkap dari laut ini kemudian dipindahkan ke danau atau tambak agar tetap bertahan hidup.

Omelet Cacing yang Bikin Merinding Tapi Jadi Favorit Orang VietnamOmelet Cacing yang Bikin Merinding Tapi Jadi Favorit Orang Vietnam Foto: oddity central

Saking istimewanya, cacing ini dibanderol dengan harga cukup tinggi. Para penjual omelet biasa menyiasatinya dengan mencampur telur, cacing dan daging babi agar tampilan omelet menarik.

Bagi wisatawan yang penasaran, cobalah datang ke kawasan Hanoi untuk mencicip omelet cacing ini. Dibutuhkan nyali besar untuk mencobanya karena kalau tidak kuat, kamu bukannya menikmati omelet tapi justru muntah melihat ratusan cacing ada di dalam telur dadar.



Simak Video "Masak Masak: Menu Sarapan Omelet Sehat ala Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)