ADVERTISEMENT

5 Menu Sarapan Pagi Orang Jawa yang Sederhana Tapi Nikmat

Odilia WS - detikFood
Selasa, 24 Nov 2020 07:00 WIB
Sarapan rebusan
Foto: iStock

4. Bubur manis dan jajan pasar

Jajan pasar yang dijual di pagi hari di pasar menjadi menu sarapan favorit orang Jawa. Beragam kue basah seperti aneka getuk, kue pisang, gerontol, ketan bumbu, juga beragam bubur manis yang disajikan dengan santan dan saus gula Jawa.

Bubur yang dijajakan bisa lebih dari 10 jenis, bisa dibeli dengan cara dicampur beragam bumbu jadi satu. Seperti bubur sumsum, candil, ketan hitam, kacang hijau, mutiara, juwawut dan lain-lain. Umumnya dijual di pasar tradisional.

Kini banyak penjaja bubur kacang hijau dan bubur sumsum yang berjualan keliling dengan motor. Bubur yang hangat lembut dengan rasa manis gurih memang cocok sebagai pengisi energi di pagi hari. Apalagi harganya relatif murah.

soto ayam khas kudus mbak lin semarangMenu sarapan pagi orang Jawa. Foto: detikcom

5. Soto ayam

Soto ayam khas Jawa yang dibuat dari ayam kampung dengan kuah bening menjadi ciri khasnya. Soto ini disajikan di dalam mangkuk keramik China yang mungil. Bisa dicampur dengan nasi atau dipisah.

Soto ini isinya suwiran daging ayam, irisan kol, suun dan tauge yang disiram kaldu ayam panas. Lauk pelengkapnya disajikan terpisah. Seperti tahu dan tempe bacen, tahu dan tempe goreng, perkedel, sate kerang, sate telur puyuh, beragam kerupuk dan keripik.

Soto ayam ini dijajakan di warung soto sederhana hingga di pasar tradisional. Soto yang hangat gurih dengan beragam lauk ini jadi menu sarapan komplet yang cocok dinikmati di pagi hari. Banyak penjualnya dan harganya juga murah.



Simak Video "Menjajal Menu Buatan Eks Chef Restoran China Ternama"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT