ADVERTISEMENT

5 Menu Sarapan Pagi Orang Jawa yang Sederhana Tapi Nikmat

Odilia WS - detikFood
Selasa, 24 Nov 2020 07:00 WIB
Sarapan rebusan
Foto: iStock

2. Gorengan

Gorengan merupakan makanan pagi favorit orang Jawa setelah rebusan. Umumnya dibuat saat mereka punya uang belanja lebih karena minyak goreng lumayan mahal. Jenis gorengannya sangat beragam.

Pisang dan umbi-umbian termasuk yang paling sering digoreng. Selain itu umbi juga diolah dengan tambahan gula jawa, dibuat ubi goreng. Tahu dan tempe dibalut tepung digoreng kering juga jadi favorit.

Gorengan kini bukan hanya disukai orang Jawa terbukti dengan banyaknya penjaja gorengan di gerobak di pagi hari. Bakwan, pisang goreng, ubi goreng hingga tempe dan tahu goreng dijajakan hangat.

nasi pecelMenu sarapan pagi orang Jawa. Foto: Istimewa

3. Nasi pecel dan gudangan

Nasi putih dengan topping beberapa jenis sayuran lalu disiram saus kacang, jadi menu sedap di pagi hari. Umumnya mereka membeli di pasar atau di warung yang menjajakan nasi pecel atau sego pecel.

Selain pecel, gudangan atau urap juga populer. Beragam sayuran diaduk dengan kepala muda berbumbu pedas. Disajikan dengan sepotong ikan asin dan rempeyek atau kerupuk. Harga nasi pecel dan urap relatif murah karena memakai sayuran.

Uniknya nasi pecel dan urap tradisional ini umumnya disajikan dalam porsi mungil. Dilengkapi dengan lauk tahu dan tempe bacem, rempeyek atau kerupuk gendar. Menu sarapan ini juga menyehatkan dan kaya nutrisi serta murah.



Simak Video "Segarnya Aneka Dessert Kelapa Muda di Food Street PIK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT