Hati-hati! Minum Kopi di Gelas Kertas Berisiko Tercemar 25 Ribu Partikel Plastik

Diah Afrilian - detikFood Senin, 23 Nov 2020 07:00 WIB
Hati-hati! Minum Kopi di Gelas Kertas Berisiko Tercemar 25 Ribu Partikel Plastik Foto: Getty Images/SolStock
Jakarta -

Gelas kertas banyak dipakai kafe untuk menyajikan minuman hangat. Mengenai keamanannya, peneliti di India soroti risiko kesehatan dari cemaran partikel plastik di gelas kertas.

Gelas kertas atau paper cup jadi wadah saji populer di kafe atau coffee shop. Biasanya diperuntukkan untuk minuman hangat seperti kopi, teh, atau cokelat.

Gelas kertas memiliki kualitas yang baik karena mampu menahan panas. Selain itu, karena terbuat dari kertas, jenis gelas ini disebut-sebut lebih ramah lingkungan.

Namun benarkah gelas kertas terbuat dari 100% kertas? Faktanya, gelas kertas masih mungkin mengandung bahan plastik.

Plastik ada di lapisan dalam gelas kertas yang membuatnya antiair (waterproof). Kehadiran plastik ini juga membuat gelas kertas tak sepenuhnya mudah didaur ulang.

Hati-hati! Minum Kopi di Gelas Kertas Berisiko Tercemar 25 Ribu Partikel PlastikHati-hati! Minum Kopi di Gelas Kertas Berisiko Tercemar 25 Ribu Partikel Plastik Foto: Getty Images/SolStock

Dari sisi kesehatan, peneliti mengingatkan adanya risiko cemaran partikel plastik dari penggunaan gelas kertas untuk wadah minuman panas.

Dikutip dari Daily Mail (20/11), peneliti di Indian Institute of Technology di Kharagpur, India coba menuangkan air panas ke gelas kertas. Mereka lalu mengamati seberapa banyak mikroplastik yang dihasilkan.

Mereka menuang 100 ml air panas dan membiarkannya selama 15 menit. Jumlah air dan durasi ini memang yang paling sering digunakan banyak orang saat minum kopi atau teh panas dalam gelas kertas.

Setelah diteliti dengan mikroskop, mereka menemukan adanya rata-rata 25.000 partikel mikroplastik di gelas kertas.

Baca Juga: 7-Eleven AS Gelar Polling Presiden dengan Paper Cup

Ada juga kandungan logam seperti zinc, timbal, dan kromium dalam air. Peneliti menduga ini berasal dari lapisan plastik dalam gelas kertas.

"Rata-rata orang meminum 3 cangkir teh atau kopi dalam sehari dengan gelas kertas yang akhirnya akan menelan 75.000 partikel-partikel kecil mikroplastik yang tidak terlihat oleh mata telanjang," jelas Dr. Sudha Goel, pemimpin penelitian.

Ukuran partikel mikroplastik sangat kecil, bahkan lebar helai rambut manusia pun 25 kali lebih besar. Mikroplastik ini benar-benar kecil dan tidak akan pernah bisa terlihat oleh mata telanjang.

Hati-hati! Minum Kopi di Gelas Kertas Berisiko Tercemar 25 Ribu Partikel PlastikHati-hati! Minum Kopi di Gelas Kertas Berisiko Tercemar 25 Ribu Partikel Plastik Foto: Getty Images/SolStock

Penelitian Dr. Goel yang dipublikasikan melalui Journal of Hazardous Materials menemukan bahwa mikroplastik berperan sebagai pembawa kontaminasi ion-ion dan racun-racun berbahaya seperti palladium, kromium dan kadmium.

Kepedulian terhadap temuan mikroplastik yang dapat mengontaminasi makanan dan minuman menjadi semakin meningkat karena efeknya terhadap kesehatan manusia yang serius.

Ditemui terpisah, Paper Cup Alliance di Inggris memberi komentar atas hasil penelitian ini. Mereka mengklaim gelas kertas yang diproduksi di Inggris dan Uni Eropa aman untuk kesehatan.

"Penelitian ini melihat gelas kertas yang diproduksi untuk pasar India dan tidak mewakili yang dipakai di Inggris," ujar juru bicara.

Ia menambahkan, "Gelas kertas yang diproduksi dan digunakan di Inggris tidak menggunakan HDPE atau kopolimer selulosa, yang digunakan sebagai sampel penelitian di India. Konsumen dapat yakin bahwa gelas kertas mereka dari kedai kopi jalanan Inggris 100% aman, higienis, dan dapat didaur ulang."

Baca Juga: Ungkapkan Suasana Hati dengan Cangkir Kertas Ini

(adr/adr)