ADVERTISEMENT

10 Kesalahan Memasak Pasta yang Bikin Rasanya Kurang Maksimal

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 23 Nov 2020 13:30 WIB
Penne, pasta Italia
Foto: iStock

7. Kurang Matang

Berbeda dengan mie lainnya, pasta memiliki tekstur yang cenderung lebih keras. Pasta yang kurang matang akan menyulitkan saat dimakan. Butuh tenaga lebih untuk mengunyahnya dan susah ditelan.

Pasta yang baik adalah pasta dengan tekstur yang cukup matang dan tidak terlalu lembek. Untuk mendapatkan kematangan itu sebaiknya tidak memasak pasta kurang dari 8 menit.

8. Menggunakan keju parut kemasan

Prank keju parut campur kulit kering kaki Kesalahan Memasak Pasta Foto: Istimewa

Pre-grated cheese merupakan keju parut yang sudah dalam bentuk kemasan. Keju seperti ini memiliki rasa yang cenderung hambar, sudah terlalu lama terolah, serta terlalu berpasir karena adanya bahan lain yang ditambahkan.

Untuk mendapatkan rasa keju enak, lebih baik gunakan keju parmesan atau keju utuh yang diparut sendiri. Dengan begitu rasa keju akan lebih maksimal.

9. Menambahkan Saus Terlalu Banyak

Pasta yang enak memang pasta yang seluruh bagiannya terlapisi saus. Tetapi terlalu banyak saus juga akan merusak tekstur pasta dan membuatnya menjadi kurang menarik untuk disantap.

Saus cukup melapisi pasta dan tidak membuat pasta seakan-akan memiliki kuah. Saus untuk pasta tidak perlu berlebihan agar saat dinikmati tekstur pasta masih dalam kondisi baik dan tidak hanya saus yang bisa dirasakan pada saat dikunyah.

10. Tidak Mengaduk Pasta Saat Direbus

Kesalahan memasak pasta terakhir ialah tidak mengaduk pasta saat direbus. Padahal cara ini lebih efektif untuk menghindari pasta menjadi lengket.

Setidaknya aduk sesekali untuk membuat pasta tidak lengket dan matang dengan merata.

Baca Juga: Ini Cara Masak Pasta Enak Seperti yang Dilakukan Para Chef



Simak Video "Bikin Laper: Spaghetti Seafood yang Kaya Rasa"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT