10 Kesalahan Memasak Pasta yang Bikin Rasanya Kurang Maksimal

Diah Afrilian - detikFood Senin, 23 Nov 2020 13:30 WIB
Penne, pasta Italia Foto: iStock
Jakarta -

Untuk menghasilkan pasta yang enak dibutuhkan trik dan cara memasak yang tepat. Kesalahan memasak pasta ini masih sering dilakukan.

Pasta merupakan makanan dari daratan Eropa yang cukup terkenal. Jenisnya beragam dan banyak dikreasikan dengan berbagai bumbu dan saus khas.

Dalam memasak pasta, ada beberapa langkah untuk menghasilkan pasta yang sempurna. Hal ini mencakup kematangan pasta yang pas atau dikenal dengan istilah al dente.

Untuk menghasilkan pasta yang sempurna juga perlu menghindari beberapa kesalahan memasak pasta ini. Daniel Gritzer, melalui seriouseats.com (1/4), membagikan hal-hal apa saja yang harus dihindari saat memasak pasta.

Berikut ini 10 kesalahan memasak pasta yang sebaiknya tidak lagi dilakukan:

1. Menambahkan Minyak Pada Air Rebusan

Sebagian orang mempercayai menambahkan minyak pada air rebusan pasta bisa membuat pasta tidak lengket. Namun ternyata anggapan ini salah.

Menambahkan minyak pada air rebusan pasta tidak akan memberikan efek apapun pada pasta. Justru hal tersebut akan membuat minyak menjadi terbuang percuma dibandingkan dengan menggunakan minyak tersebut untuk memasak saus pasta.

2. Mematahkan Pasta

Tips merebus spaghetti Kesalahan Memasak Pasta Foto: iStock

Pasta terdiri dari berbagai jenis dan bentuk. Salah satunya spaghetti yang berukuran panjang. Saat memasaknya, banyak orang mematahkan pasta, padahal ini tidak tepat.

Mematahkan pasta akan merusak hasil akhir pasta nantinya. Jika ingin mengolah pasta yang sesuai dengan ukuran wajan , pilih pasta yang ukurannya memang lebih pendek.

Baca Juga: 5 Resep Pasta Gaya Resto yang Praktis dan Enak

3. Menyaring dan Membilas Pasta

Pasta yang sudah direbus adalah pasta yang bersih dan siap dicampurkan dengan saus. Pasta ini sudah matang sehingga tidak perlu lagi untuk dibersihkan.

Sayangnya banyak orang masih terbiasa menyaring dan membilas pasta. Faktanya hal ini bisa menghilangkan kandungan tepung pada air rebusan pasta yang masih menempel. Kandungan tepung ini bermanfaat untuk mengentalkan saus pasta nantinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kolaborasi Pasta dengan Buntut"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com