Jangan Anggap Remeh, Emak-emak UKM Ini Sukses Bisnis Makanan

Devi Setya - detikFood Kamis, 19 Nov 2020 18:30 WIB
Jangan Anggap Remeh, Emak-emak UKM Ini Sukses Bisnis Makanan Foto: detikFood/Andi Annisa
Jakarta -

Jangan remehkan emak-emak aktif yang menjalankan bisnis UKM. Meskipun mengandalkan dapur rumah tapi pendapatannya bisa sampai ratusan juta. Keren!

Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok UKM Kopdar Pengusaha Wanita (KPW) ini tak boleh dipandang sebelah mata. Para ibu yang membuat produk makanan ini bisa aktif berjualan dan mendapat penghasilan mandiri dengan angka lumayan besar.

Belum lama ini, beberapa emak-emak pelaku UKM mendatangi kantor Detik.com untuk berbagi pengalaman suka duka menjalankan bisnis makanan. Apalagi di masa pandemi yang mempengaruhi penurunan omzet.

Berikut beberapa kisah emak-emak pelaku UKM kuliner yang berjuang memasarkan produk makanannya.

1. MpekMoy

Jangan Anggap Remeh, Emak-emak UKM Ini Sukses Bisnis MakananJangan Anggap Remeh, Emak-emak UKM Ini Sukses Bisnis Makanan Foto: detikFood/Andi Annisa

Melihat kemasan MpekMoy, sekilas tak menyangka kalau ini adalah produk UKM. Kemasannya sudah bagus dengan sistem vakum kedap udara. MpekMoy merupakan singkatan dari Pempek Siomay.

Pemilik sekaligus peracik produk pempek dan siomay ini adalah ibu bernama Sinta yang tinggal di Depok. Sinta memulai usahanya ini sejak tahun 2012 namun belum terlalu fokus. Kini ia sudah punya produk yang dianggapnya mantap.

Pempek buatannya diracik dengan ikan tenggiri premium sehingga tekstur dan rasanya dijamin juara. Selain menjualnya dalam kemasan beku siap olah, MpekMoy juga membuka stand di foodcourt Pesona Square Depok. Sayangnya stand ini harus mengalami penurunan omzet setelah pandemi corona.

Tidak semudah membalik telapak tangan, Sinta sempat jatuh bangun membuka usaha ini. Ia bahkan pernah diusir preman saat berjualan di Jalan Juanda, Depok.

Saat ini MpekMoy melayani pembelian online lewat instagram. Selain pempek dan siomay, ada juga produk batagor dan tekwan yang tak boleh dilewatkan.

MpekMoy
Instagram @mpekmoy

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Inovasi UKM Purwokerto untuk Bertahan di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]