Ini 5 Kedai Kopi Berusia Ratusan Tahun di Berbagai Negara

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 19 Nov 2020 07:00 WIB
Ini 5 Kedai Kopi Berusia Ratusan Tahun di Berbagai Negara Foto: Instagram/Site News
Jakarta -

Sudah beroperasi sejak ratusan tahun yang lalu beberapa kedai kopi legendaris masih eksis hingga kini. Menu kopi dan racikannya tetap sama.

Diteruskan secara turun temurun, banyak kedai kopi legendaris yang masih buka hingga sekarang. Meski usia dari kedai kopi ini sudah mencapai ratusan tahun lamanya.

Mulai dari kedai Tia Yong Lii di Pathum Thani, Thailand, tetap eksis meski sudah 114 tahun. Kemudian ada Antico Caffè Greco, kafe kuno di Roma yang sudah buka sejak tahun 1760.

Sementara di Indonesia, ada Kedai Apek. Tempat ngopi di Medan yang mungil dan sudah menjual kopi enak sejak tahun 1923.

Berikut lima kedai kopi legendaris berusia ratusan tahun di berbagai negara.

Baca Juga: Keren! Kedai Kopi 114 Tahun Ini Masih Sajikan Racikan Kopi yang Sama


1. Antico Caffè Greco

Ini 5 Kedai Kopi Berusia Ratusan Tahun di Berbagai NegaraIni 5 Kedai Kopi Berusia Ratusan Tahun di Berbagai Negara Foto: Instagram/Site News

Antico Caffè Greco merupakan kedai kopi legendaris di Roma, Italia. Kedai kopi yang satu ini berdiri di bangunan bersejarah. Antico Caffè Greco resmi dibuka pada tahun 1760 dan masih beroperasi hingga hari ini.

Disebut sebagai salah satu kedai kopi paling tua di Italia, kedai kopi ini usianya mencapai 260 tahun. Masuk ke dalam kedai kopi ini serasa kembali ke masa lampau. Setiap sudut ruangan dipenuhi dengan pajangan dan benda bersejarah.

Tak hanya menyajikan kopi Italia yang autentik. Di sini para pengunjung bisa ngopi ditemani aneka kue dan pastry yang tak kalah enak. Tapi di masa pandemi ini, Antico Caffè Greco hanya menerima layanan pesan antar saja.

2. Kedai Kopi Apek

Ini 5 Kedai Kopi Berusia Ratusan Tahun di Berbagai NegaraIni 5 Kedai Kopi Berusia Ratusan Tahun di Berbagai Negara Foto: Instagram/Site News

Tak sulit menemukan kedai kopi legendaris yang enak di Indonesia. Hampir setiap kota memiliki tempat ngopi masing-masing. Seperti di Medan, ada Kedai Kopi Apek yang paling legendaris.

Kedai kopi ini sudah berdiri di tahun 1923. Usia kedai kopi ini sekitar 97 tahun. Lokasinya berada di depan pasar Hindu, yang ada di kota Medan. Setiap paginya puluhan orang mengantre untuk ngopi di sini.

Racikan kopi yang khas dari kedai ini adalah kopi Sidikalang. Dicampur dengan susu dan es hingga rasanya lebih enak. Selain itu ada juga kopi hitam Robusta yang ditambah dengan susu yang hangat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mampir ke Kedai Kopi 'dibawahtangga', Milik Nino Fernandez"
[Gambas:Video 20detik]