Serba Lezat di Depok

Belimbing Dewa Ikon Kota Depok yang Manis Tapi Mulai Langka

Devi Setya - detikFood Rabu, 18 Nov 2020 15:30 WIB
Belimbing Dewa Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970

2. Budidaya belimbing dewa


Belimbing dewa banyak dibudidaya di berbagai kawasan Depok. Namun seiring perkembangan zaman, lahan perkebunan belimbing dewa semakin sedikit. Saat ini agrowisata belimbing dewa yang terkenal ada di Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok.

Lahan ini dikelola oleh masyarakat sekitar. Pemerintah kota Depok menjadikan kawasan ini sebagai pusat agrowisata. Selain bisa melihat dan memetik buah belimbing dewa langsung, pengunjung juga bisa bertanya seputar tanaman belimbing dewa.

Dari sini pengunjung bisa membeli langsung belimbing segar dari petani. Ukuran belimbing dewa di sini bervariasi mulai dari 150 gram hingga 350 gram perbuahnya.

3. Produksi belimbing dewa


Berdasarkan data pemkot Depok, hingga tahun 2006 ada sekitar 33.729 pohon belimbing dewa yang ditanam di areal seluas 135 hektare. Dengan jumlah pohon ini diperkirakan produksi belimbing dewa sekitar 2.700-3.000 ton per tahun.

Perkiraan omzet belimbing dewa pertahunnya sekitar 16 milyar hingga 24 milyar per tahun. Jika dilihat dari angkanya, belimbing dewa ini sebenarnya termasuk buah yang potensial dikembangkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Belimbing Dewa, Si Manis Ikon Kota Depok"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com