Serba Lezat di Depok

Perkedel Bakar, Kuliner khas Depok Warisan dari Belanda Depok

Riska Fitria - detikFood Selasa, 17 Nov 2020 18:45 WIB
Perkedel Bakar, Kuliner khas Depok Warisan dari Belanda Depok Foto: Instagram @rkuswilah
Jakarta -

Perkedel bakar merupakan kuliner khas Depok. Kuliner unik ini tercipta karena adanya pengaruh dari Belanda. Ini faktanya.

Jarang orang tahu kalau kota Depok memiliki kuliner khas. Kuliner khas Depok ini ada yang mendapat pengaruh dari Betawi dan ada pula yang dari Belanda.

Khusus dari Belanda, ada perkedel bakar yang merupakan warisan dari Belanda Depok. Perkedel bakar tersebut memiliki sejarah panjang hingga akhirnya ditetapkan sebagai kuliner khas Depok.

Mulai dari munculnya orang Belanda yang menetap ke Depok, adanya sosok Cornelis Chastelein hingga terciptanya perkedel bakar.

Berikut 5 fakta menarik tentang perkedel bakar.

1. Apa Itu Perkedel Bakar?

Perkedel Bakar, Kuliner khas Depok Warisan dari Belanda DepokPerkedel Bakar, Kuliner khas Depok Warisan dari Belanda Depok Foto: Instagram

Umumnya orang mengenal perkedel dimasak dengan cara digoreng. Namun, kuliner khas Depok yang satu ini justru dibakar, karena itulah disebut juga perkedel bakar.

Sama seperti perkedel pada umumnya, perkedel bakar ini terbuat dari kentang tumbuk. Kemudian pada isiannya diberikan daging dan dibumbui rempah-rempah.

Setelah itu, adonan diletakkan dalam loyang dan dipanggang menggunakan oven. Rasa perkedel bakar ini kaya akan rempah.

Terciptanya perkedel bakar ini memiliki sejarah panjang. Karena kuliner khas Depok ini merupakan warisan dari Belanda Depok.

Baca Juga :Dari Masa Kolonial, Warisan Betawi hingga Makanan Kekinian Ada di Depok

2. Apa Itu Belanda Depok?

Perkedel Bakar, Kuliner khas Depok Warisan dari Belanda DepokPerkedel Bakar, Kuliner khas Depok Warisan dari Belanda Depok Ilustrasi Foto: iStock

Bicara soal kuliner khas Depok, pasti tak lepas dari Belanda Depok. Belanda Depok merupakan sebutan untuk keturunan Belanda yang tinggal di Depok.

Dulu ada orang Belanda bernama Cornelis Chastelein. Cornelis merupakan pejabat VOC yang membeli beberapa lahan di Depok. Lahan digarap untuk perkebunan kopi, lada, bambu, dan kelapa.

Cornelis mendatangkan tenaga kerja untuk membantunya menggarap lahan. Para tenaga kerja itu ditempat di Depok. Sosok Cornelis ini dikenal memanusiakan manusia.

Bahkan dalam surat wasiat yang ditulis oleh Cornelis, menyebutkan ketika Cornelis wafat, maka seluruh lahan menjadi 150 budaknya. Saat itu ada satu marga di antara budak yang menjadi ahli waris.

Kemudian marga itu berkembang menjadi 12, beberapa diantaranya ada Jonathans, Josep, Laurens, Bacas dan lainya. Mereka itulah orang-orang Depok asli yang dikenal dengan 'Belanda Depok'.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kue Kering Tanpa Oven"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com