Serba Lezat di Depok

Belimbing Dewa Ikon Kota Depok yang Manis Tapi Mulai Langka

Devi Setya - detikFood Rabu, 18 Nov 2020 15:30 WIB
Belimbing Dewa Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970
Jakarta -

Tak banyak yang tahu kalau Depok punya ikon khas berupa belimbing dewa. Buah manis ini mulai sulit ditemui, padahal rasanya segar.

Kota Depok resmi terbentuk pada tahun 1999 berdasarkan UU No.15 tahun 1999. Kawasan dengan 6 kecamatan ini punya ikon kota berupa buah yakni belimbing dewa.

Belimbing dewa khas Depok dikenal memiliki kualitas yang bagus. Rasanya manis segar dengan ukuran yang cukup besar. Sayangnya kini banyak lahan pertanian belimbing dewa yang tergusur oleh pembangunan.

Belimbing dewa banyak dikembangkan di lahan milik masyarakat. Salah satu area yang terkenal sebagai lahan budidaya belimbing dewa adalah di Kecamatan Pasir Putih, Sawangan.

Berikut beberapa fakta unik seputar belimbing dewa yang jadi ikon kota Depok.

1. Ciri khas belimbing dewa

Belimbing DewaBelimbing Dewa Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970

Di Indonesia ada beberapa daerah yang terkenal sebagai kawasan penghasil belimbing yakni Depok, Blitar dan Pekalongan. Di Depok sendiri terkenal dengan jenis belimbing dewa.

Produksi belimbing dewa terbesar di Indonesia juga berasal dari Depok. Belimbing dewa punya kualitas premium. Ukurannya besar, kandungan airnya banyak dan rasanya manis.

Soal tampilan juga tak kalah menarik, belimbing dewa punya warna kuning cerah ketika sudah matang. Pada Kontes Buah Nasional Indonesia yang digelar tahun 2000, kota Depok berhasil menyabet gelar sebagai penghasil buah belimbing dewa terbaik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Belimbing Dewa, Si Manis Ikon Kota Depok"
[Gambas:Video 20detik]