Cara Menggoreng Tempe Agar Rasanya Renyah Kering dan Gurih

Odilia WS - detikFood Selasa, 17 Nov 2020 11:00 WIB
aneka tempe goreng renyah gurih Foto: Instagram
Jakarta -

Terlihat gampang tetapi nyatanya banyak orang belum bisa menggoreng tempe yang renyah gurih. Coba ikuti beberapa tips cara menggoreng tempa berikut ini.

Tempe kini makin naik pamornya seiring dengan populernya gaya hidup vegan. Karena tempe merupakan sumber protein nabati paling baik yang kaya akan vitamin dan mineral.

Dari dulu tempe dikenal sebagai makanan rakyat karena murah dan bernutrisi. Olahan tempe yang populer adalah tempe goreng bawang dan tempe goreng tepung. Rasanya gurih renyah!

Menggoreng tempe memang mudah. Tetapi yang penting diperhatikan adalah bumbu dan teknik menggorengnya. Agar hasilnya tempe goreng garing renyah dan gurih rasanya.

Beberapa hal ini yang berkaitan dengan cara menggoreng tempe perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal.

1. Pilih tempe yang segar dan padat

Di pasar dijual tempe bungkus plastik dan tempe bungkus daun. Ada yang berupa potongan balok besar, silinder atau segi empat panjang. Tempe mungil berbungkus daun berbentuk segi tiga atau segi panjang kecil juga ada.

Di pagi hari biasanya tempe dijual dalam kondisi belum mengalami fermentasi penuh. Jaringan jamur belum rapat menutupi butiran kacang kedelai. Jika ditekan sedikit empuk, tidak padat.

Jika akan segera dimakan, pilih tempe yang sudah penuh fermentasinya dan jika dipotong jaringan jamur dan kedelainya rapat. Tetapi jika ingin dimasak sore atau hari berikutnya pilih yang masih belum selesai fermentasinya. Di rumah bisa ditaruh dalam suhu ruangan agar jadi padat.


2. Iris dengan ketebalan yang sama

kacang kedelai dan tempeCara menggoreng tempe. Foto: Istock


Sebelum dibumbui dan digoreng, potong-potong tempe berbentuk balok dengan ukuran yang sesuai selera. Sebaiknya tebalnya maksimal 1/2 cm agar bisa kering dan renyah.

Untuk tempe berbungkus daun, bisa dikerat-kerat menyilang permukaannya sebelum dibumbui. Keratan ini akan membuat bumbu bisa meresap hingga ke bagian dalam kedelai.

Selanjutnya
Halaman
1 2