Steak Ribeye Termahal di Inggris, Dijual Rp 2,2 Juta per Potong

Devi Setya - detikFood Jumat, 13 Nov 2020 13:00 WIB
Steak Ribeye Termahal di Inggris, Dijual Rp 2,2 Juta per Potong Foto: Getty Images/iStockphoto/tbralnina
Jakarta -

Beefsteak lezat ditentukan dari kualitas daging dan teknik pengolahannya. Di Inggris ada steak ribeye termahal, harganya mencapai Rp 2,2 juta untuk tiap potongnya.

Setiap produsen daging sapi pastinya berusaha menghasilkan produk daging berkualitas. Beberapa daging kualitas premium dijual dalam bentuk potongan steak.

Dikabarkan Metro (13/11) sepotong daging steak termahal di Inggris baru saja dirilis ke pasaran. Steak bagian ribeye ini dibanderol dengan harga £ 120 atau setara Rp 2,2 juta.

Steak Ribeye Termahal di Inggris, Dijual Rp 2,2 Juta per PotongSteak Ribeye Termahal di Inggris, Dijual Rp 2,2 Juta per Potong Foto: Getty Images/iStockphoto/tbralnina

Steak ini berasal dari sapi wagyu asal Jepang dengan grade A5 yakni peringkat tertinggi untuk daging paling berkualitas. Kualitas daging ini hanya ada 1 persen dari seluruh daging sapi yang dihasilkan di Jepang, jadi tak heran kalau harganya sangat mahal.

Ada empat kriteria yang dijadikan patokan untuk menentukan kualitas daging sapi. Dimulai dari marbling atau sebaran lemak yang merata ke seluruh bagian daging, tingkat kecerahan daging, tekstur daging dan warna lemak.

Daging termahal yang dijual di Inggris ini berasal dari peternakan sapi di wilayah Gunma, kawasan yang tak jauh dari Tokyo. Daging ini pertama kali dipasarkan di Inggris oleh perusahaan daging premium Tom Hixson dari Smithfield.

Sepotong steak ribeye dengan berat 250 gram dijual dengan harga £ 120 (Rp 2,2 juta). Pelanggan yang menjadi target tentu saja kalangan atas yang hobi makan beefsteak dan ingin mendapatkan kualitas terbaik untuk hidangannya.

Banyak kabar beredar, harga daging sapi wagyu ini mahal karena sapi di peternakan diperlakukan dengan sangat baik. Sesekali sapi dipijat dan bahkan diberikan bir dan sake untuk membuat rasa daging lebih lezat.

Sapi dari kawasan Gunma biasanya diberi makan dengan gandum dan jagung selama tiga tahun. Waktu ini jauh lebih lama dibandingkan sapi biasa yang umumnya diberi pakan jagung dan gandum hanya dalam waktu 15 bulan saja.

Sapi-sapi penghasil daging premium ini juga dirawat di padang rumput luas dan diberi minum alami dari air sungai Tone yang masih sangat jernih. Hal ini dipercaya membuat sapi lebih santai sehingga otot-ototnya lunak

George Hixson selaku penanggung jawab distributor daging wagyu premium ini mengatakan kalau daging yang mereka jual berasal dari sapi berkualitas. "Ini adalah daging steak paling langka yang pernah kami miliki. Jumlahnya tidak banyak karena memang sangat langka dan melalui proses seleksi yang sangat ketat," kata Hixson.

Untuk mengolah steak termahal di Inggris ini, perlu penanganan khusus. Daging harus segera diolah ketika sudah dibuka dari kemasan. Hal ini sangat mempengaruhi tekstur dari daging sapi itu sendiri.

Steak Ribeye Termahal di Inggris, Dijual Rp 2,2 Juta per PotongSteak Ribeye Termahal di Inggris, Dijual Rp 2,2 Juta per Potong Foto: Getty Images/iStockphoto/tbralnina

"Ini bukan potongan daging supermarket biasa. Sebuah steak 250 gr sudah cukup dan akan memuaskan selera Anda karena sangat kaya rasa," ujar Hixson

Ia juga mengatakan target konsumennya adalah orang-orang kelas atas yang ingin menikmati steak premium langka. Ia bahkan memiliki rekomendasi chef untuk pembeli steak yang ingin menikmati steak mahal ini dengan cara lebih berkelas.



Simak Video "Battle Beefsteak Rp 32 Ribu VS Rp 216 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com