Intip Yuk Reaksi Lucu Orang Korea Saat Cicip Oleh-oleh khas Makassar

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 12 Nov 2020 19:00 WIB
Orang Korea Cicip Oleh-oleh Khas Makassar Foto: YouTube / Hari Jisun
Jakarta -

Sempat mengunjungi Makassar beberapa waktu lalu, YouTuber ini minta orang Korea untuk mencicipi oleh-olehnya. Yuk, intip reaksinya yang lucu!

YouTuber cantik asal Korea Selatan yaitu Hari Jisun sering mengunjungi Indonesia untuk berlibur. Ia biasanya datang bersama ibu dan adiknya lalu mengeksplor beberapa daerah di Indonesia.

Namun semenjak pandemi Covid-19, Hari Jisun belum pernah lagi menginjakkan kakinya di Indonesia. Sebelum pandemi, ia sempat mengunjungi Makassar bersama ibu dan adiknya.

Di sana mereka mencicipi aneka makanan khas Makassar dan membeli beragam oleh-oleh khas. Hari Jisun kemudian membawa pulang oleh-oleh itu ke Korea dan membagikannya kepada teman-teman sang adik untuk dicicipi.

Baca Juga: 5 Orang Korea Ini Jago Ngulek Sambal hingga Bikin Kolak

Beberapa oleh-oleh tersebut adalah teh sarabba, sero-sero, hingga keripik abon. Pertama kali mereka mencicipi teh sarabba.

Orang Korea Cicip Oleh-oleh Khas MakassarOrang Korea Cicip Oleh-oleh Khas Makassar Foto: YouTube / Hari Jisun

Teh sarabba merupakan minuman khas Bugis yang memadukan jahe, gula aren, santan, merica, dan kuning ayam kampung. Warnanya cokelat pekat dan menurut orang-orang Korea aromanya seperti rendang. Ini mungkin karena ada campuran santan dan mericanya.

Saat mencicipinya mereka sangat terkejut, bahkan terbatuk-batuk. Hal ini lantaran rasa minuman yang agak pedas dan tak pernah ada di Korea.

"Ini agak pedas bagiku!" ujar pria Korea berbaju batik biru. Namun ada salah satu dari mereka yang menyukai teh sarabba tersebut. "Aku suka banget teh seperti ini! Aku suka banget!"

Setelah itu mereka mencicipi camilan bernama sero-sero. Camilan ini memiliki bentuk dan tekstur yang unik. Terlihat garing, tapi ternyata teksturnya agak lembut.

Orang Korea Cicip Oleh-oleh Khas MakassarOrang Korea Cicip Oleh-oleh Khas Makassar Foto: YouTube / Hari Jisun

"Rasanya nggak terlalu manis, nggak terlalu cheesy. Jadi, bikin makan terus!" ujar Hari Jisun yang ikut mencicipinya.

Ada juga Baje Kacang yang mereka cicipi. Berupa kacang tanah yang dibalut dengan gula merah lalu dibungkus kulit jagung.

Rasa Baje Kacang khas Makassar ini sangat manis layaknya permen. Mereka juga mengakui kalau camilan tersebut rasanya sangat manis.

"Jika dikasih camilan ini sebelum coba camilan lain mungkin tidak bisa terasa rasanya. Manis banget! Lebih manis daripada cokelat," ujar orang Korea berbaju biru.

Orang Korea Cicip Oleh-oleh Khas MakassarOrang Korea Cicip Oleh-oleh Khas Makassar Foto: YouTube / Hari Jisun

Terakhir mereka mencicipi keripik abon. Kue yang teksturnya mirip semprong namun pada bagian dalamnya berisikan abon. Pada gigitan pertama, mereka dibuat bingung dengan rasanya.

"Ini kayak merasa masukkan ikan teri di dalam cookies," ujar Junsu, aduk Hari Jisun. Saat dijelaskan kalau di dalamnya terdapat abon sapi, mereka nampak terkejut karena tak merasa ada rasa daging sapi di sana.

Baca Juga: Intip 5 Kebiasaan Makan Orang Korea yang Sering Terlihat di Drakor



Simak Video "Gurih Segar Sop Saudara Khas Pangkep Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com