Cara Gampang Mengecek Apakah Telur Masih Bagus atau Tidak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 13 Nov 2020 08:00 WIB
Cara Gampang Mengecek Apakah Telur Masih Bagus atau Tidak Foto: Facebook Mums Who Bake and Cook
Jakarta -

Ada cara gampang untuk tahu apakah telur yang kamu beli masih bagus atau tidak. Hanya perlu merendam telur untuk mengetahuinya.

Telur ayam dijual di warung, toko kelontong, minimarket, hingga supermarket besar. Ada yang dijual curah per kilo gram dan yang versi kemasan.

Biasanya telur kemasan sudah dilengkapi informasi tanggal kedaluwarsa sebagai indikator kesegaran telur, tapi belum tentu hal ini akurat.

Lebih sulit lagi mengenali kesegaran telur yang dijual di warung. Sebab tidak ada keterangan apapun dari produsen.

Nah, untuk mengetahui apakah telur yang kamu beli masih bagus atau tidak, ada cara gampang yang bisa dilakukan.

Mitos dan Fakta Makan Telur MentahCara Gampang Mengecek Apakah Telur Masih Bagus atau Tidak Foto: Getty Images/iStockphoto/funduck

Cara ini dibagikan seorang ibu di Australia Barat lewat Facebook Mums Who Bake and Cook. Awalnya ia ingin mengecek kesegaran telur yang dibelinya di supermarket.

Baca Juga: Ini Sebabnya Kamu Perlu Makan Sebutir Telur Tiap Hari

Di telur kemasan itu tertulis tanggal kedaluwarsa telur masih 25 November 2020. Ibu ini lalu mengambil wadah berisi air dan meletakkan sebutir telur di dalamnya.

Ini merupakan cara gampang mengetahui telur masih bagus atau tidak. Cukup amati posisi telur di dalam air. Jika telur masih segar, maka telur akan tetap berada di bagian dasar wadah.

Sebaliknya, jika telur mengapung tinggi, pertanda telur sudah tidak bagus. Untuk lebih memudahkan, ia pun menyertakan ilustrasi tanda kesegaran telur.

Terlihat telur berusia 1 minggu akan sedikit mengapung dalam posisi miring. Lalu untuk telur berusia 2-3 minggu sudah mengapung dengan posisi vertikal.

Ibu inipun terkejut melihat telur miliknya sudah tidak segar padahal tanggal kedaluwarsa masih lama. Ia juga baru saja membelinya.

Cara Gampang Mengecek Apakah Telur Masih Bagus atau TidakCara Gampang Mengecek Apakah Telur Masih Bagus atau Tidak Foto: Facebook Mums Who Bake and Cook

Lantas apa alasan ilmiah di balik hubungan kesegaran telur dengan posisi mengapungnya di dalam air?

Dikutip dari Metro (12/11), telur rupanya bisa mengapung karena ada sel udara besar yang terbentuk saat telur dalam kondisi dingin di dalam air.

Semakin tua telur, maka udara lebih mudah masuk dan sel udara menjadi lebih besar. Nah, kehadiran udara inilah yang bisa membuat telur mengapung.

Selain itu, faktor lain yang bisa mempengaruhi kesegaran telur adalah sedikit retakan pada kulit telur. Banyak orang tidak bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Karenanya cara gampang mengetahui apakah telur masih bagus atau tidak ini bisa dicontek.

Baca Juga: Cek Kesegaran Telur Ayam dengan 5 Cara Praktis Ini

(adr/odi)