5 Keistimewaan Kopi Luwak yang Mahal Harganya

Riska Fitria - detikFood Kamis, 12 Nov 2020 06:00 WIB
5 Keistimewaan Kopi Luwak yang Mahal Harganya Foto: iStock
Jakarta -

Indonesia memiliki jenis kopi unik. Adalah kopi luwak yang disebut-sebut sebagai kopi termahal di dunia. Ini faktanya.

Menyeduh kopi luwak bisa menjadi pilihan untuk mengawali hari. Jika dilihat dari tampilannya, kopi luwak memang tak jauh berbeda dengan jenis kopi lainnya.

Namun, kopi luwak memiliki keistimewaan tersendiri yang ada pada sejarah, proses pembuatan, khasiat hingga cita rasanya.

Dengan segala keistimewaannya tersebut, maka tak heran jika kopi luwak disebut-sebut sebagai kopi termahal di dunia. Satu kilogramnya saja dibanderol dengan harga puluhan juta.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta keistimewaan kopi luwak.

1. Awalnya Minuman Rakyat Jelata

5 Keistimewaan Kopi Luwak yang Mahal Harganya5 Keistimewaan Kopi Luwak yang Mahal Harganya Foto: iStock


Kopi luwak ditemukan sejak abad ke-18, tepatnya pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Saat itu, para kolonial Belanda membuka lahan untuk perkebunan kopi.

Lahan tersebut ada di daerah Jawa dan Sumatera. Namun, penduduk lokal kala itu dilarang untuk memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi. Padahal mereka ingin mencicipinya.

Hingga akhirnya, penduduk lokal di sana menemukan hewan sejenis musang yang hobi makan buah kopi. Uniknya hewan tersebut hanya mencerna daging buah kopinya saja.

Sementara biji dan kulit airnya tidak dicerna. Itu terlihat dari kotoran luwak yang keluar. Biji kopi itu dipungut, dicuci, disangrai, ditumbuk dan diseduh jadi minuman.

Dari itu terciptalah kopi luwak yang saat itu menjadi minuman para rakyat jelata. Namun, kini berbanding terbalik. Kopi luwak justru jadi kopi termahal di dunia.

Baca Juga : PETA Sebut Industri Kopi Luwak Berisiko Picu Pandemi COVID-19

2. Kopi Luwak Jadi kopi Termahal di Dunia

5 Keistimewaan Kopi Luwak yang Mahal Harganya5 Keistimewaan Kopi Luwak yang Mahal Harganya Foto: iStock

Kopi luwak memiliki keistimewaan tersendiri dari jenis kopi lainnya, karena terbuat hasil fermentasi dari sisa kotoran hewan luwak.

Kopi luwak dari Indonesia ini kini dikenal sebagai kopi termahal di dunia. Kopi jenis ini pernah dijual senilai Rp 20 juta per kilogram.

Sementara untuk satu cangkir kopi luwak ada yang membanderol sekitar Rp 100.000. Di California, Amerika Serikat ada juga kedai kopi yang menawarkan kopi luwak.

Kedai kopinya bernama Funnel Mill yang membanderol secangkir kopi luwak seharga Rp 760.000. Karena harganya yang fantastis itu, kopi luwak pernah masuk ke dalam daftar makanan termahal di dunia.

Baca Juga : Hari Kopi: Dari Kopi Luwak Indonesia Sampai Manfaat Kesehatan Minum Kopi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi Luwak di Candi Pawon yang Asri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com