Kuliner China Kontemporer

5 'Chinese Food' Populer Ini Ternyata Tak Ada di China

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 11 Nov 2020 16:00 WIB
5 ‘Chinese Food’ Populer Ini Ternyata Tak Ada di China Foto: iStock
Jakarta -

Dikenal sebagai 'Chinese food', tapi 5 hidangan ini bukan berasal dari China. Salah satunya sup wonton yang kerap dianggap autentik China.

Chinese food punya banyak penggemar di dunia, termasuk di Amerika hingga Indonesia. Hal ini terbukti dari menjamurnya restoran berkonsep Chinese food di dua negara tersebut.

Saking populernya Chinese food di Amerika, ada banyak menu adaptasi China diciptakan di sana. Menu ini kemudian terkenal ke banyak negara lain dan kerap dianggap asli China.

Lalu apa saja Chinese food yang sebenarnya bukan dari China? Apakah penggemar Chinese food sudah mengetahuinya?

1. Tumis daging brokoli

5 'Chinese Food' Populer Ini Ternyata Tak Ada di China5 'Chinese Food' Populer Ini Ternyata Tak Ada di China Foto: iStock

Chinese food ini ditawarkan beberapa restoran China di Indonesia. Sesuai namanya, hidangan ini menggabungkan daging sapi dan brokoli yang ditumis bersama saus gurih.

Tapi tumis daging brokoli ternyata bukan asli China, melainkan dari negara Barat. Pasalnya brokoli bukanlah sayuran khas negeri tirai bambu. Selain itu, orang China juga tak makan terlalu banyak makan daging sapi.

Satu-satunya yang memenuhi unsur Chinese food dari hidangan ini adalah penggunaan saus cokelat yang konon berasal dari Kanton. Saus ini terdiri dari kaldu, kecap asin, saus tiram, dan tepung jagung.

2. Sup wonton

5 'Chinese Food' Populer Ini Ternyata Tak Ada di China5 'Chinese Food' Populer Ini Ternyata Tak Ada di China Foto: iStock

Banyak orang sudah tahu kalau wonton atau dumpling tergolong Chinese food. Konon ada 36 jenis wonton autentik China yang tersebar di beberapa wilayah.

Tapi tahukah kamu kalau sup wonton yang ada di banyak restoran China sekarang tidak seperti yang ada di China. Sup wonton ini disebut-sebut merupakan hidangan wonton versi Amerika.

Business Insider menulis sup wonton asli China berisi udang yang cangkangnya jauh lebih lembut. Kaldunya juga wangi wonton. Selain itu, ada pelengkap mie segar pada sup wonton. Ketiga aspek ini jarang ditemukan pada sup wonton yang terkenal sekarang.

Baca Juga: Dibawa Saudagar China, Diracik Oleh Warga Lokal Jadi Sajian Unik

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cita Rasa Masakan Oriental di Resto Artistik Tanah Abang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com