Kuliner China Kontemporer

5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 10 Nov 2020 17:30 WIB
5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China Foto: Getty Images/iStockphoto/rez-art

4. Cakwe

5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China Foto: Getty Images/iStockphoto/rez-art

Kalau jajanan yang satu ini populer tak hanya di Indonesia saja. Tapi di Singapura, Malaysia sampai Filipina. Cakwe merupakan roti goreng yang memiliki nama asli Youtiao di China.

Sama seperti makanan lainnya, cakwe diperkenalkan di Indonesia oleh para saudagar dan imigran dari China. Nama cakwe ini berasal dari dialek Hokkian, yang artinya hantu digoreng karena keterkaitannya dengan sejarah seorang jenderal bernama Yue Fei di Hangzhou.

Di Indonesia sendiri cakwe dengan cepat berkembang menjadi jajanan kaki lima yang memiliki banyak penggemar.

Cakwe disajikan dengan sambal merah cair. Selain itu pedagang cakwe biasanya juga menjual kue bantal, yang sama-sama diadaptasi dari kuliner China.

5. Onde-onde

5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China Foto: Getty Images/iStockphoto/rez-art

Jajanan tradisional asal Mojokerto ini punya isian yang khas. Bagian dalam onde-onde diisi dengan pasta dari kacang hijau, kemudian bagian luarnya ditaburi biji wijen yang royal. Tekstur onde-onde ini kenyal dan renyah dalam satu gigitan.

Dibalik rasanya yang enak, onde-onde ternyata sudah ada sejak Dinasti Zhou tepatnya di tahun 2045 - 256 SM. Onde-onde ini dulu merupakan cemilan tukang kayu dan tukang batu ketika mereka sedang membangun istana.

Dulu onde-onde dibawa ke Indonesia lewat para pedagang asal China yang menjualnya dengan isian gula merah. Namun orang Indonesia rupanya lebih suka menyantap onde-onde dengan kacang hijau, yang ditumbuk halus dengan gula pasir.

Kini isian onde-onde tak hanya kacang hijau saja. Variasinya lebih kekinian mulai dari rasa selai cokelat, strawberry sampai green tea.

Baca Juga: 5 Fakta Onde-onde, Berasal dari China hingga Jadi Jajanan Kekinian

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Mencoba Dendeng hingga Rendang Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com