Heboh Tabung Gas Terbakar di Warung Makan, Seperti Ini Cara Padamkan Api

Devi Setya - detikFood Selasa, 10 Nov 2020 12:00 WIB
Heboh Tabung Gas Terbakar di Warung Makan, Seperti Ini Cara Padamkan Api Foto: tiktok @apiffebrry/ istock

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara tepat memadamkan api dari gas yang bocor.

1. Jangan panik


Siapapun pasti takut dan panik saat melihat api berkobar dari gas. Tapi berusahalah untuk tetap tenang dan jangan panik.

Ketika panik, kamu akan kesulitan bertindak sehingga api akan semakin membesar dan menyambar ke banyak tempat. Sebaiknya tetap tenang dan pikirkan cara untuk memadamkan api dengan cepat dan tepat.

2. Gunakan kain basah

Heboh Tabung Gas Terbakar di Warung Makan, Seperti Ini Cara Padamkan ApiHeboh Tabung Gas Terbakar di Warung Makan, Seperti Ini Cara Padamkan Api Foto: tiktok @apiffebrry/ istock


Siapkan kain basah, bisa berupa handuk atau kain tebal yang sudah diguyur air. Letakkan kain basah ini di atas kompor atau gas yang terbakar.

Jika api masih berkobar, usahakan untuk melepas selang dan regulator yang menghubungkan gas ke kompor. Jika gas dan selang regulator sudah terlepas maka gas akan terkunci di dalam tabung sehingga menghentikan kobaran api.

3. Jangan disiram air


Percuma menyiram air pada tabung gas atau kompor yang terbakar, air tidak akan membantu menghentikan kobaran api. Tapi untuk benda-benda yang terbakar di sekeliling kompor atau tabung gas kamu bisa mencoba memadamkannya dengan api.

Hindari berpikir kalau tabung gas akan meledak ketika terbakar. Biasanya penyebab kebakaran pada tabung gas adalah sambungan yang tidak benar antara mulut gas dengan regulator yang mengarah ke kompor.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Mengintip Pabrik Rinnai yang Punya Standar Internasional"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/dvs)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com