Beli Beras Eceran Online, Netizen Ini Kaget Lihat Ukurannya

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 07 Nov 2020 14:30 WIB
Beli Beras Tak Sesuai Ekspektasi Foto: Twitter @txtdarionlshop
Jakarta -

Saat belanja online harus teliti membaca deskripsi barang. Jangan sampai seperti netizen ini yang beli beras eceren tapi tidak sesuai ekspektasi.

Kini berbelanja jadi aktivitas yang mudah dilakukan. Hanya berdiam diri di rumah, barang yang kita inginkan pun bisa didapatkan.

Karena banyak aplikasi berbasis online yang terdapat di dalam ponsel dan gadget lain. Beragam e-commerce juga banyak bermunculan untuk membantu masyarakat dalam berbelanja.

Beli Beras Tak Sesuai EkspektasiBeli Beras Tak Sesuai Ekspektasi Foto: iStock

Segala kebutuhan mulai dari makanan, pakaian, hingga elektronik ditawarkan oleh e-commerce. Namun saat berbelanja via online, harus memperhatikan deskripsi produknya.

Jangan sampai tidak membacanya, karena banyak penjual nakal yang berniat menipu. Seperti yang dialami oleh seorang netizen di Twitter.

Baca Juga: 5 Beras Lokal Populer, Ada Pandan Wangi Hingga Rojolele

Melalui akun Twitter @txtdarionlshop (6/11), netizen itu membagikan kisah dirinya yang pernah mendapatkan barang tak sesuai ekspektasinya. Ini karena ia tak teliti membaca dan tergiur harga yang murah.

Dalam unggahan tersebut, terlihat sebuah foto hasil layar tangkap produk beras yang dijual via Shopee. Di sana tertera keterangan, "Beras SLYP Super Cap Rejeki (ECER)."

Beli Beras Tak Sesuai EkspektasiBeli Beras Tak Sesuai Ekspektasi Foto: Twitter @txtdarionlshop

Harga yang dibanderol untuk beras eceran tersebut adalah Rp 99. Padahal harga beras eceran atau 1 liter paling murah sekitar Rp 8.000.

Karena tergiur harga murah dan jenis beras berkualitas, akhirnya netizen itu membelinya. Tapi ia saat barang sampai, ia begitu kesal.

Ternyata beras ecer yang dimaksud bukan berukuran 1 liter, melainkan hanya sejumput beras. Beras tersebut dikemas dalam plastik yang direkatkan menggunakan selotip dengan kardus.

Netizen itupun memberikan keterangan, "Perhatian ya semuanya jangan asal check out, baca deskripsi dulu, biar ga awok awok," ujarnya.

Beli Beras Tak Sesuai EkspektasiBeli Beras Tak Sesuai Ekspektasi Foto: iStock

Unggahan ini akhirnya menarik perhatian netizen Twitter lain. Mereka memberi banyak komentar lucu.

"The real sesuap nasi," ujar netizen.

"Ini jualnya per biji apa gimana?" tulis netizen lain.

"Ngapain dah kurang kerjaan banget segitu dijual," sahut netizen lainnya.

Sebelumnya kisah serupa juga pernah dialami oleh seorang wanita di Thailand. Wanita itu tergiur harga yang murah untuk rice cooker berukuran mini.

Salah Beli Rice Cooker di ShopeeSalah Beli Rice Cooker di Shopee Foto: mothership

Ia pun langsung memesannya tanpa membaca deskripsi produk terlebih dahulu. Betapa terkejutnya saat rice cooker mini itu sampai di rumhanya. Ternyata rice cooker seharga 64 Baht (Rp 30.313) itu hanyalah miniatur.

Baca Juga: Kocak! Wanita Ini Dapat Miniatur Rice Cooker Lantaran Tak Teliti Belanja



Simak Video "Tak Hanya Bahan Pokok, Beras Jadi Suvenir di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com