5 Kuliner khas Aceh yang Dipengaruhi Kuliner India, Arab dan China

Riska Fitria - detikFood Rabu, 04 Nov 2020 14:00 WIB
mie aceh jambo aye Foto: detikFood / Riska Fitria
Jakarta -

Kaya akan rempah, ternyata beberapa kuliner khas Aceh ada yang mendapat pengaruh dari negara lain, seperti Arab, India dan China. Apa saja?

Aceh berada di Provinsi paling Barat Indonesia. Letaknya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Selat Malaka.

Maka tak heran, ada pengaruh dari negara lain yang masuk ke Aceh. Mulai dari agama, budaya hingga kuliner. Hal ini disampaikan dalam webinar bertajuk Ragam Rasa, Warisan Rempah dalam Kuliner Aceh, Senin (02/10).

Menurut Irma Ibrahim Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, beberapa kuliner di Aceh ada yang mendapat pengaruh dari India, Arab dan China.

Pada cita rasa kuliner Aceh terjadi akulturasi dari negara lain. Itu berawal dari rempah-rempah yang dibawa oleh pedagang dari Arab, India dan China.

Akulturasi itu terjadi karena letak Aceh yang strategis bagi rute pelayaran perdagangan dunia. Aceh pun selalu disinggahi oleh pedagang India, China, Eropa dan Persia sejak abad ke-15.

Berikut 5 kuliner Aceh yang mendapat pengaruh dari India, Arab dan China.

1. Kari

kari di asiaakari ilustrasi Foto: iStock

Kari adalah kuliner Aceh berkuah santan. Di Aceh ada kurang lebih 100 jenis kari yang tersebar di 23 Kabupaten Kota. Kari khas Aceh ini dapat pengaruh dari India.

Jenis kari diantaranya adalah kari kambing, kari ayam, kari sapi, kari kerbau, kari rusa, kari bebek dan masih banyak lagi. Bumbu yang digunakan untuk membuat kari ada sekitar 20 jenis rempah.

Jenis rempah tersebut ada seperti ketumbar, pala, lada, kayu manis, cengkeh, bunga lawang/pekak, kapulaga, jintan dan masih banyak lagi.

Maka tak heran kuah kari memiliki cita rasa yang khas dan kaya akan rempah. Masing-masing jenis kari juga memiliki cita rasa yang berbeda-beda.

Pada kuahnya ada yang dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti batang pisang, pisang, hingga nangka. Campuran itulah yang membuat kari khas Aceh memiliki ciri khas.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Aceh Rumahan yang Bikin Ketagihan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Icip Legit dan Manisnya Kue Tumpo Khas Aceh"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com