Tips Gampang Bikin Kentang Goreng ala McD

Monika Perangin - detikFood Selasa, 03 Nov 2020 17:00 WIB
Tips Gampang Bikin Kentang Goreng ala McD Foto: Getty Images/iStockphoto/vitalssss
Jakarta -

Kentang goreng McDonald's yang renyah gurih bisa dibikin sendiri. Coba saja ikuti resep yang dibagikan chef Morgan ini.

Kentang goreng atau french fries buatan restoran fast food selalu mengundang rasa ingin tahu. Ini karena rasanya yang renyah garing di luar dan lembut di dalam. Belum lagi aromanya sangat gurih.

Dilansir dari Metro (25/10) seorang chef asal Melbourne, Morgan Hipwort melalui akun TikTok @morganhipwort membagikan cara membuat kentang goreng ala restoran McDonald's.

Tips Gampang Bikin Kentang Goreng ala McDTips Gampang Bikin Kentang Goreng ala McD Foto: Getty Images/iStockphoto/vitalssss

Tak sembarangan, chef berumur 19 tahun ini juga sudah memiliki sebuah restoran Bistro Morgan Bakehouse di Melbourne.

Morgan mengklaim bahwa kentang gorengnya lebih sehat daripada bikinan McDonald's karena tidak digoreng dengan minyak.

Baca juga : Yummy! Ini 13 Cara Enak Makan French Fries di Berbagai Negara

Dalam video yang sudah ditonton 4.5M ini, Morgan menjelaskan bahan dan tahapan membuat french fries yang renyah, enak dan sehat.

Bahan yang dibutuhkan hanya 4 saja. Kentang berkulit merah atau kentang tes yang mengandung sedikit air, garam, minyak zaitun dan lada bubuk.

Untuk proses pembuatannya kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

1. Kupas kulit kentang hingga bersih lalu potong- potong memanjang seperti ukuran kentang goreng. Rendam dalam air dingin yang diberi sedikit garam agar warnanya tidak menjadi kecokelatan. Diamkan selama beberapa menit.

2. Rebus kentang dalam air mendidih selama dua menit. Proses merebus ini, bertujuan agar kentang terasa lembut di dalam dan renyah di luar.

3. Tiriskan kentang lalu taruh dalam loyang. Perciki dengan minyak zaitun, taburi garam dan rempah kering jika suka dan panggang dalam oven panas 200 C selama 25 menit.

Tips Gampang Bikin Kentang Goreng ala McDTips Gampang Bikin Kentang Goreng ala McD Foto: Getty Images/iStockphoto/vitalssss

Baca juga : 7 Varian Kentang Goreng Enak dari Spanyol hingga Vietnam

Banyak netizen yang memberi komentar resep kentang ini. Beberapa menyebut waktu 30 menit terlalu lama, lebih cepat pesan di gerai McD.

Tetapi banyak juga netizen yang tertarik. Menurut mereka, kentang goreng yang dipanggang ini diyakini sehat karena tidak tidak menyerap minyak dan tak memakai bahan pengawet ataupun MSG.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kentang Goreng ala Restoran Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com