Selain Makanan Prancis, Nasi Padang dan Cokelat juga Pernah Diboikot

Riska Fitria - detikFood Senin, 02 Nov 2020 17:30 WIB
Nasi Padang Foto: Getty Images/iStockphoto/GWMB
Jakarta -

Ramai di media sosial seruan untuk memboikot produk makanan Prancis. Selain itu, beberapa produk makanan ini juga pernah terancam diboikot.

Beberapa produk makanan pernah menjadi imbas dari banyak kasus di seluruh dunia. Pemboikotan pada produk makanan ini dilakukan sebagai bentuk ancaman atau 'balas dendam'.

Seperti yang tengah ramai belakangan ini. Pernyataan Presiden Prancis tentang kartun Nabi Muhammad SAW telah mengecewakan seluruh umat Muslim di dunia.

Termasuk di Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya adalah beragama Islam. Dari itu, seruan untuk memboikot produk makanan yang berasal dari Prancis pun mencuat.

Sebelum kasus ini, ada beberapa kasus serupa di mana produk makanan diboikot. Mulai dari nasi Padang hingga produk cokelat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 kasus pemboikotan pada produk makanan.

1. Produk Makanan Prancis

Produk Makanan Prancis Mulai Diboikot di Banyak Minimarket IndonesiaSelain Makanan Prancis, Nasi Padang dan Cokelat juga Pernah Diboikot Foto: Instagram @dalwamart/@valestin3_reborn

Buntut dari ucapan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap melecehkan Nabi Muhammad SAW, membuat banyak minimarket di Indonesia memboikot semua produk makanan Prancis.

Bahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) (30/10) juga mengimbau kepada umat Islam untuk memboikot semua produk yang berasal dari Prancis.

Di Instagram juga berseliweran beberapa video yang memperlihatkan minimarket di Indonesia yang mulai memboikot produk makanan. Mulai dari produk susu, air mineral, minuman hingga camilan.

Pusat perbelanjaan yang melakukan pemboikotan pada produk Prancis adalah minimarket Basmalah dan juga supermarket Dalwa Mart. Tampak dalam video, rak-rak berisi produk makanan Prancis telah dikosongkan.

Baca Juga : Produk Makanan Prancis Mulai Diboikot di Banyak Minimarket Indonesia

2. Nasi Padang

Nasi PadangSelain Makanan Prancis, Nasi Padang dan Cokelat juga Pernah Diboikot Foto: Getty Images/iStockphoto/GWMB

Di Indonesia juga pernah viral ajakan untuk memboikot nasi Padang. Ajakan boikot berawal dari kekalahan Jokowi-Ma'ruf Amin versi quick count di Sumatera Barat saat pemilu tahun lalu.

Saat itu ada seorang pengguna Facebook yang mengajak masyarakat untuk tidak lagi makan nasi Padang. Namun, banyak masyarakat Indonesia yang tidak setuju.

Mengingat nasi Padang merupakan kuliner Indonesia yang menjadi warisan budaya. Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai setiap racikan nasi Padang.

Selain itu, nasi Padang juga dimintai oleh para turis. Bahkan restoran Padang juga banyak ditemui di negara-negara lain.

Baca Juga : Jangan Boikot Nasi Padang! Ini Bukti Kepopulerannya di Mancanegara

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bersertifikat Halal, Toblerone Diboikot di Eropa?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com