Jangan Boikot Nasi Padang! Ini Bukti Kepopulerannya di Mancanegara

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Apr 2019 13:37 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
FOKUS BERITA Boikot Nasi Padang!
Jakarta - Ajakan boikot nasi Padang sebaiknya tak dihiraukan, sebab nasi Padang plus ragam lauknya punya banyak penggemar di mancanegara.

Isu boikot nasi Padang ramai di media sosial terkait kekalahan Jokowi-Ma'ruf Amin versi quick count di Sumatera Barat. Berawal dari status seorang netizen di Facebook yang mengajak masyarakat tidak lagi makan nasi Padang untuk 'membalas' kekalahan tersebut.

Faktanya, banyak netizen merasa tak sanggup menjauhi racikan nasi campur khas Minang ini. Mereka ramai menuliskan pendapat sambil menyertakan foto nasi Padang menggugah selera untuk meyakinkan masyarakat tidak memedulikan isu boikot nasi Padang.

Baca Juga: Boikot Nasi Padang Viral, Yakin Bisa Tahan Kelezatan Rendang cs?

Jangan Boikot Nasi Padang! Ini Bukti Kepopulerannya di MancanegaraBanyak rumah makan Padang di Jakarta yang menawarkan nasi Padang enak (Foto: detikFood)

Boikot nasi Padang memang diharapkan tidak terjadi mengingat masakan Minang adalah warisan budaya yang harus dijaga. Nasi Padang juga menjadi makanan favorit banyak orang dan kepopulerannya telah merambah ke mancanegara.

Salah satunya rendang, lauk utama nasi Padang, yang dinobatkan CNN Go's sebagai makanan terenak di dunia peringkat 11 pada Juli 2011. Tak berselang lama, peringkat ini naik ke posisi teratas pada September tahun yang sama.

Berlanjut pada Juli 2017, rendang tetap berada di urutan pertama. Hasil ini didapat dari suara terbanyak dalam jajak pendapat melalui Facebook.

Sementara dalam atlas makanan dunia online terbaru yaitu Taste Atlas, rendang juga direkomendasikan sebagai makanan yang harus dicoba wisatawan mancanegara. Tentunya bersama sate, karedok, gudeg, dan soto.

Jangan Boikot Nasi Padang! Ini Bukti Kepopulerannya di MancanegaraRendang, lauk primadona nasi Padang yang kelezatannya diakui dunia (Foto: detikFood)

Bukti lain nasi Padang begitu disukai di mancanegara adalah ketika bule Norwegia bernama Audun Kvitland menciptakan lagu khusus soal 'Nasi Padang' di tahun 2016. Audun mengaku tergila-gila pada citarasa nasi Padang sampai melahirkan lagu tersebut.

Baca Juga: Heboh Bule Nyanyi 'Nasi Padang', Menpar: Makasih Sudah Bantu Promosi

Yang juga masih lekat dalam ingatan adalah ketika mendiang Anthony Bourdain mencicip nasi Padang di RM Surya yang ada di Bendungan Hilir. Pembawa acara 'Part's Unknown' ini mencoba rendang dan gulai kepala ikan kakap.

Salah seorang pegawai rumah makan menginformasikan kalau Bourdain menyukai rendang. "Hampir semua dicoba sama Anthony Bourdain dan crewnya. Tapi yang paling disuka itu rendang, kepala kakap dan mie goreng khas Padang," pungkas sang pegawai.

Baca juga: Makan di RM Surya, Anthony Bourdain Cicip Rendang dan Gulai Kepala Ikan Kakap

(adr/adr)
FOKUS BERITA Boikot Nasi Padang!