ADVERTISEMENT

Makan di RM Surya, Anthony Bourdain Cicip Rendang dan Gulai Kepala Ikan Kakap

Lusiana Mustinda - detikFood
Senin, 30 Apr 2018 11:30 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Chef selebriti asal Amerika ini berkunjung ke Rumah Makan Surya yang punya sajian Minang sedap. Hampir semuanya dicicip, tapi ada tiga menu yang paling ia suka. Apa ya?

Sedang berkunjung ke Jakarta, Anthony Bourdain yang tenar sejak tahun 2000 lewat bukunya 'Kitchen Confidential: Adventures in the Culinary Underbelly' cicip masakan Minang. Ada banyak rumah makan yang sediakan masakan Minang di Jakarta, namun hanya satu tempat yang dipilih oleh chef ini.

Makan di RM Surya, Anthony Bourdain Cicip Rendang dan Gulai Kepala Ikan KakapBegini gaya Anthony Bourdain saat kulineran. Foto: Istimewa

Chef sekaligus presenter 'Part Unknown' yang ditayang di CNN Amerika ini pada Minggu (29/04) siang mendatangi rumah makan Surya yang berlokasi di Jalan Bendungan Hilir No. 5, Tanah Abang. Sudah berdiri sejak tahun 1970, rumah makan ini punya beragam sajian lauk enak. Mulai dari gulai kikil, rendang, ayam bakar, kalio hati sapi, telur dadar, paru goreng, dendeng kering, gulai kacang panjang hingga sambal lado mudo.

Baca juga: RM Surya: Saat Rendang Daging Legendaris Berbumbu Pekat Diaduk dengan Nasi Hangat, Lamak Nian!

Hampir sama dengan rumah makan Padang umumnya, hampir semua lauk yang ditaruh dalam wadah piring disajikan lengkap di atas meja. Saat mengkonfirmasi ke pihak Rumah Makan Surya, mereka mengatakan memang benar Anthony Bourdain datang ke rumah makan tersebut.

"Kemarin datang ke sini bersama crew-nya untuk shooting," tutur Yadi, salah satu karyawan RM Surya kepada detikFood (30/04).

Makan di RM Surya, Anthony Bourdain Cicip Rendang dan Gulai Kepala Ikan KakapBegini ragam sajian lauk enak yang disajikan di Rumah Makan Surya. Foto: detikFood

Yadi mengungkapkan bahwa tadinya pihak rumah makan tak mau dijadikan tempat shooting. Namun, Anthony mengatakan dia ingin sekali mencicip sekaligus shooting di sini karena rumah makan ini masih punya tampilan sederhana. Tidak seperti rumah makan padang yang modern seperti yang lain.

Yadi juga menambahkan, "Hampir semua dicoba sama Anthony Bourdain dan crewnya. Tapi yang paling disuka itu rendang, kepala kakap dan mie goreng khas Padang."

Gulai kepala ikan khas Minang yang enak disantap dengan nasi hangat.Gulai kepala ikan khas Minang yang enak disantap dengan nasi hangat. Foto: Dok. detikfood

Rumah Makan Surya memang memiliki sajian rendang yang tak boleh dilewatkan. Potongan daging dengan balutan bumbu yang banyak dengan genangan minyak oranye kemerahan makin enak dipadu dengan nasi putih hangat. Potongan daging rendangnya empuk, sehingga tak heran kalau rendang jadi favorit banyak pengunjung dan jadi salah satu menu andalan di rumah makan ini.

Baca juga: Datang ke Jakarta, Anthony Bourdain Mampir ke Rumah Makan Padang Surya (lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT