Banyak yang Keliru, Ini Bedanya Daging Kambing dan Domba

Devi Setya - detikFood Minggu, 01 Nov 2020 14:00 WIB
Tak Kalah dengan Daging Sapi, Daging Domba Australia Juga Empuk Juicy Foto: instagram @trueaussieid
Jakarta -

Kambing dan domba adalah dua hewan yang berbeda, karakter dagingnya pun tidak sama. Tetapi banyak yang masih keliru dan menganggap kedua daging ini sama.

Di Indonesia, daging kambing dan domba memang kerap diolah jadi masakan. Tapi orang lebih populer menggunakan daging kambing dibandingkan daging domba.

Banyak yang mengira dua daging ini punya karakter yang sama, padahal daging kambing dan domba punya ciri dan karakter rasa berbeda. Secara umum, daging domba punya tekstur lebih empuk dan rasa lebih ringan dibandingkan daging kambing.

Lewat webinar yang digelar Meat and Livestock Australia (MLA) beberapa waktu lalu, dijelaskan perbedaan daging kambing dan daging domba. Ada Chef Samuel Burke dan Chef Vania Wibisono yang menjelaskan perbedaan daging kambing dan domba.

1. Karakter daging kambing

close-up of delicious marinated meat.Ini Bedanya Daging Kambing dan Domba Foto: iStock

Orang Indonesia sudah sangat familiar dengan olahan daging kambing. Sebut saja beberapa diantaranya sate, kambing guling hingga sop kambing yang sudah jadi santapan sehari-hari.

Di warung makan hingga restoran pun daging kambing biasa jadi hidangan istimewa. Namun Chef Vania mengungkapkan kalau hidangan di restoran juga sebenarnya menggunakan daging domba.

"Padahal kita nggak tahu sebenarnya banyak restoran itu yang pakai daging domba, bukan kambing," tutur Chef Vania dalam Peluncuran Kampanye #Lambassador bersama Meat & Livestock Australia (MLA).

Secara umum, tekstur daging kambing punya karakter daging yang lebih keras daripada daging domba. Demikian juga soal aroma dan rasa yang mudah dikenali karena cukup strong.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Inspirasi Sajian di Momen Idul Adha: Lontong Kambing Seafood"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com