Domba Termahal di Dunia Ini Baru Saja Terjual Rp 7,1 Miliar!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 01 Sep 2020 14:00 WIB
Domba termahal di dunia, Double Diamond Foto: Catherine MacGregor/Texel Sheep Society
Jakarta -

Seekor domba Texel bernama Double Diamond disebut-sebut sebagai domba termahal di dunia. Dalam acara lelang, harga jual domba ini mencapai USD 490.000 atau Rp 7,1 miliar!

Double Diamond disebut-sebut sebagai domba dengan genetik yang sempurna. Ia merupakan jenis domba Texel yaitu domba yang berasal dari pulau kecil bernama Texel. Lokasinya di Belanda dan terkenal dengan kualitasnya yang super.

Domba Texel memiliki daging yang tak berlemak. Lalu bulunya kerap dimanfaatkan sebagai benang kaos kaki. Namun pada Double Diamond, ada satu hal yang membuatnya lebih istimewa dari domba-domba Texel lainnya.

Domba termahal di dunia, Double DiamondDomba termahal di dunia, Double Diamond Foto: Getty Images

Double Diamond memiliki genetika terbaik. Hal inilah yang membuat banyak peternak domba di Inggris berlomba-lomba mendapatkannya. Bahkan sebelum Double Diamond dijual dalam lelang, beberapa peternak sudah menawar dengan harga lebih tinggi untuk membelinya.

"Ini lebih menegangkan dibanding hal-hal lain yang bikin gembira," kata Jeff Aiken, salah satu dari tiga peternak yang bergabung untuk menawar Double Diamond. Menurut Aiken, Double Diamond adalah hewan luar biasa yang didukung dengan semua genetika terbaik di dalamnya.

Baca Juga: Sensasi Unik Makan Sate Domba Afrika Pakai Pisang Goreng

Sebelum pelelangan, Aiken dan peternak lainnya telah memutuskan untuk menawar domba bersama-sama. Tetapi karena persaingan semakin ketat, peternak ketiga bergabung dalam kemitraan. Jadi ketiganya berhasil mengalahkan semua orang, menawarkan harga USD 490.000 atau sekitar Rp 7,1 miliar untuk Double Diamond.

Domba termahal di dunia, Double DiamondDomba termahal di dunia, Double Diamond Foto: Getty Images

Sebelumnya, rekor penjualan domba tertinggi dalam pelelangan adalah USD 307.000. Hal ini terjadi sekitar tahun 2009.

Soal harga Double Diamond yang sangat mahal, Aiken mengatakan, "Jangan salah paham, itu adalah jumlah uang yang sangat besar untuk membayar seekor domba, dan itu pasti tidak menjadi cerminan komunitas petani."

Lantas seperti apa nasib Double Diamond yang kini dimiliki tiga peternak? Mereka bersepakat untuk berbagi merawat domba mahal ini di peternakan mereka. Seiring bertambahnya usia, sperma Double Diamond akan dikumpulkan untuk inseminasi buatan.

Harapannya, Double Diamond dapat terus mewariskan genetika luar biasa. Sehingga akan banyak domba berkualitas prima lagi setelahnya.

Baca Juga: Ngakak! Wanita Ini Bikin Kue Domba Tampilannya Jadi Menyeramkan



Simak Video "Bakmi Asap: Bakmi 'Smokey' yang Eksis Sejak 1960-an"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com