ADVERTISEMENT

Karena Pandemi, 5 Maskapai Penerbangan Ini Terpaksa Jualan Makanan

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 27 Okt 2020 11:00 WIB
Karena Pandemi, 5 Maskapai Penerbangan Ini Terpaksa Jualan Makanan
Foto: Ilustrasi iStock/LonelyPlanet
Jakarta -

Karena pandemi Corona, banyak maskapai penerbangan yang banting setir jual makanan. Mulai dari jual makanan menu pesawat hingga layan antar.

Dibatasinya penerbangan di seluruh dunia sejak pandemi virus Corona merebak. Membuat banyak maskapai penerbangan tak bisa beroperasi dan kehilangan penghasilan mereka.

Untuk menyiasati hal ini, banyak maskapai penerbangan di berbagai negara yang banting setir. Beberapa maskapai ini memutuskan untuk menjual makanan bagi orang-orang yang rindu berpergian, atau sekedar kangen naik pesawat.

Seperti Thai Airways yang buka resto dengan konsep pesawat. Sampai Ural Airlines yang tawarkan pengalaman bersantap makanan pesawat dari rumah.

Berikut lima maskapai penerbangan yang jualan makanan sejak pandemi.

1. Ural Airlines

Ural Airlines jual makanan pesawatUral Airlines jual makanan pesawat Foto: Istimewa

Ural Airlines merupakan maskapai penerbangan asal Rusia, yang juga terdampak pandemi Corona. Karena mereka tidak bisa mengoperasikan pesawat, maka pihak maskapai mulai fokus menjual makanan.

Makanan yang dijual tentunya tidak lepas dari konsep in-flight meals, atau makanan pesawat. Di Ural Airlines, makanan yang ditawarkan cukup beragam mulai dari hidangan ayam di kelas bisnis. Lalu ada juga menu makanan dari kelas ekonomi.

Semua pengiriman makanan ini disertakan dengan nampan plastik seperti di pesawat. Tujuannya agar orang-orang bisa menikmati makanan pesawat dari dalam rumah mereka.

Baca Juga: Maskapai Ini Jual Makanan Pesawat untuk yang Kangen Traveling


2. Thai Airways

Pandemi berdampak terhadap industri penerbangan. Banyak maskapai mencari cara agar dapat mempertahankan bisnis mereka. Seperti membuat restoran bertema pesawat.Pandemi berdampak terhadap industri penerbangan. Banyak maskapai mencari cara agar dapat mempertahankan bisnis mereka. Seperti membuat restoran bertema pesawat. Foto: AP/Sakchai Lalit

Tak hanya Ural Airlines saja yang beralih menjual makanan, Thai Airways juga melakukan hal yang sama. Maskapai penerbangan asal Thailand ini bahkan sampai meluncurkan resto terbaru.

Resto dengan konsep ruangan di dalam pesawat ini terletak di di Lantai 2 Thai Airways Head Office di Jalan Vibhavadi Rangsit. Bagian dalam restoran dipenuhi dengan kursi pesawat yang nyaman.

Pengunjung langsung disambut dengan pramugari yang siap menyajikan makanan pesanan mereka. Menunya beragam, dari hidangan pembuka sampai penutup.

Baca Juga: Kangen Makan di Pesawat? Thai Airways Buka Resto dengan Konsep Pesawat

3. Singapore Airlines

Discover Your Singapore AirlinesDiscover Your Singapore Airlines Foto: Singapore Airlines

Baru-baru ini maskapai penerbangan Singapore Airlines juga mengeluarkan konsep terbaru mereka. Untuk bertahan di tengah masa pandemi ini, pihak Singapore Airlines berinovasi dengan menjual makanan.

Konsep makanan yang ditawarkan sebenarnya cukup unik. Orang-orang bisa membeli tiket sekitar $496 (Rp 7,2 juta). Untuk bisa menikmati aneka makanan enak di dalam pesawat Airbus A380 yang mega.

Selain itu Singapore Airlines juga mengeluarkan makanan pesan antar. Sehingga orang-orang yang rindu berpergian, bisa menikmati makanan pesawat Singapore Airlines dari rumah.

4. Finnair

Karena Pandemi, 5 Maskapai Penerbangan Ini Terpaksa Jualan MakananKarena Pandemi, 5 Maskapai Penerbangan Ini Terpaksa Jualan Makanan Foto: Ilustrasi iStock/LonelyPlanet

Finnair merupakan maskapai penerbangan nasional milik Filandia. Sama seperti maskapai lainnya, Finnair juga mengalami kesulita di masa pandemi.

Untuk itu maskapai ini meluncurkan 'Taste of Finnair'. Berupa aneka menu makanan pesawat yang disajikan oleh Finnari. Dalam kesempatan ini, Finnair ingin memanjakan para penumpang setia mereka dari rumah.

Finnair lebih fokus menjual makanan pesawat siap saji, yang nantinya bisa dibeli oleh orang-orang di supermarket. Perpaduan hidangan Nordik hingga Jepang jadi menu utama di Finnair.


5. Tamam Kitchen

Karena Pandemi, 5 Maskapai Penerbangan Ini Terpaksa Jualan MakananKarena Pandemi, 5 Maskapai Penerbangan Ini Terpaksa Jualan Makanan Foto: Ilustrasi iStock/LonelyPlanet

Tamam Kitchen merupakan perusahaan jasa makanan, yang menyajikan makanan untuk maskapai penerbangan El Al Airlines hingga Turkish Airlines.

Semenjak pandemi, Tamam Kitchen mulai beralih dan menjual makanan buatan mereka ke orang-orang yang berada di rumah. Menu makanan yang ditawarkan juga beragam mulai dari menu kelas bisnis sampai makanan vegan.

Inisiasi ini direspon baik oleh orang-orang di Tel Aviv. Banyak dari mereka yang memesan makanan ini untuk mengobati rasa kangen bepergian dengan pesawat.



Simak Video "Viral Bakso Jumbo dengan Kuah Rawon yang Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT