Kuliner Bogor Ikonik & Klasik

Ragam Kuliner Bogor yang Ikonik, Klasik hingga Kekinian

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 26 Okt 2020 17:30 WIB
Kuliner Bogor Ikonik & Klasik Foto: iStock
Jakarta -

Kota hujan Bogor juga dikenal sebagai destinasi kulineran populer karena banyaknya makanan enak di sini. Mulai dari makanan ikonik, klasik hingga kekinian.

Bogor kerap dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya untuk berwisata, terutama untuk mereka yang penat dengan hiruk-pikuk kota. Apalagi lokasinya juga tak terlalu jauh dan cuacanya sejuk.

Ada beberapa kawasan di Bogor yang disukai para pelancong. Bagi mereka yang suka makan biasanya memilih ke Suryakencana yang merupakan surga kuliner di Bogor.

Ada juga kawasan Puncak yang suasananya asri dan dingin. Di kawasan ini biasanya para pelancong banyak yang menginap untuk sekadar staycation atau acara keluarga.

Karenanya di Puncak banyak vila yang bisa dijadikan tempat beristirahat. Harga per malamnya ada yang murah hingga jutaan rupiah.

Puncak juga menawarkan banyak tempat makan yang cocok dikunjungi bareng keluarga. Ada juga kafe dengan pemandangan apik yang dapat memanjakan mata.

Baca Juga: 9 Tempat Makan Enak di Bogor yang Wajib Dicoba

Kuliner Bogor Ikonik & KlasikKuliner Bogor Ikonik & Klasik Foto: instagram @lemongrassresto

Kawasan Sentul, Bogor juga tak ketinggalan punya beragam kuliner enak. Mulai dari yang klasik hingga kafe-kafe kekinian. Seperti coffee shop, kafe outdoor dan lainnya.

Kalau ke Bogor sudah pasti harus mencicipi makanan klasiknya. Seperti soto mie, soto kuning, laksa, asinan, hingga toge goreng.

Kuliner Bogor Ikonik & KlasikKuliner Bogor Ikonik & Klasik Foto: iStock

Banyak juga makanan legendaris yang bisa kamu kunjungi. Seperti tempat makan martabak, laksa bogor yang autentik, dan lainnya.

Walaupun Bogor cuacanya cenderung dingin, tapi di sana juga banyak pilihan es yang enak. Kalau yang klasik, bisa cicipi es pala, es sekoteng, hingga es bir kocok.

Kalau suka ayam goreng, Bogor juga tak kalah dengan daerah lainnya. Ada beberapa penjual ayam goreng dengan bumbu serundeng yang nikmat. Paling populer ada ayam goreng dengan sajian lalapan yang menggunung.

Tempat makan yang disukai Presiden Jokowi juga tak boleh dilewati begitu saja. Pilihannya ada tempat makan sate hingga soto mie Bogor yang segar.

Kuliner Bogor Ikonik & KlasikKuliner Bogor Ikonik & Klasik Foto: iStock

Jalan-jalan ke Bogor tak afdol kalau pulang dengan tangan kosong. Beragam makanan enak bisa jadi buah tangan saat mengunjungi Bogor.

Talas Bogor yang ukurannya besar jadi oleh-oleh populer di sini. Selain itu bolu dengan rasa talas yang super lembut juga diminati.

Meski Bogor bisa jadi tempat wisata dengan banyak pilihan makanan enak, kita harus tetap menjaga keamanan dan kesehatan saat kulineran. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, protokol kesehatan harus dijalankan.

Kuliner Bogor Ikonik & KlasikKuliner Bogor Ikonik & Klasik Foto: iStock , instagram @foresthree @lemongrassresto

Seperti tak pernah lupa rajin cuci tangan, memakai masker di manapun dan kapanpun, hingga membawa hand sanitizer. Kita juga harus tetap menjaga jarak dari kerumunan. Kalau tempat makan tersebut ramai, ada baiknya menunggu hingga tak terlalu ramai.

Minggu ini detikFood secara khusus akan mengulas beragam kuliner enak di Bogor. Mulai dari yang klasik hingga kekinian untuk referensi wisata kuliner. Jangan lupa pantau terus artikel menarik dari detikFood ya!

Baca Juga: 5 Martabak Enak di Bogor yang Kelezatannya Teruji Puluhan Tahun



Simak Video "Lezatnya Laksa Aut Khas Bogor 'Mang Wahyu' Berkuah Kuning Kental"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)