Dianggap Barang Loak, Teko dan Cangkir Teh Ini Harganya Miliaran Rupiah

Sonia Basoni - detikFood Senin, 26 Okt 2020 06:00 WIB
Dianggap Barang Loak, Teko dan Cangkir Teh Ini Harganya Miliaran Rupiah Foto: Site Tagged/Listverse
Jakarta -

Dianggap sebagai barang loak, banyak teko teh hingga cangkir usang yang ternyata harganya mencapai miliaran rupiah.

Barang antik atau benda bersejarah sering kali hilang dan berakhir di gudang hingga tempat lainnya. Karenanya banyak yang menganggap teko teh hingga cangkir usang ini adalah barang loak.

Padahal barang-barang usang ini ternyata memiliki banyak sejarah dibaliknya. Mulai dari teko teh yang berasal dari dinasti kuno di China, sampai cangkir teh yang usianya mencapai ratusan tahun.

Berikut lima penemuan teko teh hingga cangkir teh yang dikira sebagai barang loak.


1. Teko Teh Rp 7,4 Miliar

Dianggap Barang Loak, Teko dan Cangkir Teh Ini Harganya Miliaran RupiahDianggap Barang Loak, Teko dan Cangkir Teh Ini Harganya Miliaran Rupiah Foto: Site Tagged/Listverse

Iseng membersihkan gudang saat lockdown, keluarga di Inggris ini tak sengaja menemukan teko teh yang memiliki nilai hingga miliaran rupiah. Padahal mereka kira awalnya teko teh ini merupakan barang loak yang tak berharga.

Setelah diteliti ternyata teko teh antik ini diklaim berasal dari periode Qianlong (1735-1799). Teko teh berwarna kuning berasal dari abad 18 di China, karena nilai sejarahnya yang tinggi teko teh ini kisaran harganya di atas satu miliar.

Ada 8 kolektor yang mengincar teko teh ini, akhirnya teko teh ini berhasil terjual di angka £390,000 (Rp 7,4 miliar). Memang belum jelas kenapa teko teh bersejarah dari China ini bisa berasal dari Inggris, tapi kemungkinan teko teh ini berpindah saat perang dunia.

Baca Juga: Dikira Barang Loak, Teko Teh Ini Harganya Ditaksir Rp 7,4 Miliar

Selanjutnya
Halaman
1 2 3