Jangan Dibuang! Air Kelapa Tua Punya Nutrisi Berlimpah

Devi Setya - detikFood Minggu, 25 Okt 2020 06:00 WIB
Air Kelapa Tua Punya Nutrisi Berlimpah Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto
Jakarta -

Air kelapa tua biasanya dibuang begitu saja. Tetapi dr. Zaidul Akbar menyebut air kelapa tua punya nutrisi berlimpah. Bisa menyehatkan jantung dan kaya antioksidan.


Kelapa tua biasa dijumpai di penjual kelapa di pasar. Daging buahnya kerap diparut untuk diambil santannya, sementara airnya banyak dibuang begitu saja.

Pakar kesehatan herbal dr. Zaidul Akbar justru mengungkap kalau air kelapa tua sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Tak kalah dengan kelapa muda, air kelapa tua juga terbukti sebagai isotonik alami yang cepat menghidrasi tubuh.

"Asam amino air kelapa tua lebih tinggi dibanding yang muda. Mineral terbanyak adalah kalium dengan kandungan 730 mg per 100 gr kelapa muda. Yang cukup banyak magnesium dan klorida. Sedangkan natrium jumlahnya sangat sedikit. Komposisi minuman dengan kalium (potasium) terhadap natrium yang tinggi sangat menguntungkan bagi kesehatan," ujar dr. Zaidul Akbar dalam unggahan instagramnya (20/10).

Dokter yang juga dikenal dengan metode Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini juga rutin mengonsumsi air kelapa tua. Semakin tua usia buah kelapa, maka jumlah kandungan air dan dagingnya pun akan semakin lengkap dan maksimal.

Senada dengan dr. Zaidul Akbar, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Yadanabon University Research Journal pada 2017 mengatakan bahwa daging kelapa tua memiliki kandungan kalori, protein, lemak, dan serat lebih banyak daripada daging kelapa muda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat air kelapa tua bagi kesehatan.

1. Menurunkan hipertensi

Air Kelapa Tua Punya Nutrisi BerlimpahAir Kelapa Tua Punya Nutrisi Berlimpah Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

Sebuah studi yang dilakukan pada orang dengan tekanan darah tinggi, menunjukkan hasil bahwa air kelapa dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 71%. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium rendah di dalam air kelapa juga berperan penting.

Dr. Zaidul Akbar mengatakan air kelapa tua bisa diperoleh dengan mudah dari penjual kelapa santan. Karena minin peminat, ia bahkan mendapatkan air kelapa tua ini secara cuma-cuma alias gratis.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Unik! Bakso Kelapa Muda yang Nikmat dan Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]