Martabak Manis & Gurih

5 Kembaran Martabak Ini Bisa Ditemukan di Malaysia hingga Thailand

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 23 Okt 2020 19:00 WIB
Martabak di Berbagai Negara Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih

2. Murtabak

Martabak di Berbagai NegaraMartabak di Berbagai Negara Foto: Getty Images/iStockphoto

Di Malaysia dan Singapura ada banyak tempat makan murtabak yang merupakan versi lain dari martabak. Berbeda dengan di Indonesia, kebanyakan murtabak dijual di restoran India yang ada di sana.

Tampilan dan pembuatan murtabak sangat mirip dengan martabak telur di Indonesia. Hanya saja adonan murtabak di Malaysia dan Singapura tidak terlalu krispi seperti di Indonesia.

Jika di Indonesia, martabak telur disajikan dengan cocolan saus cuka dan acar. Kalau di Malaysia dan Singapura, murtabak disajikan dengan cocolan kuah kari ayam atau kambing yang khas dan harum di sana.


3. Mutabak

Martabak di Berbagai NegaraMartabak di Berbagai Negara Foto: Getty Images/iStockphoto

Berbagai negara di Timur Tengah memang akrab dengan varian martabak. Salah satunya ada mutabak yang eksis jadi jajanan kaki lima di Yaman. Sekilas tampilannya mirip seperti martabak telur di Indonesia.

Namun yang membedakannya terletak pada isian atau topping mutabak. Biasanya mutabak diisi dengan telur dan daun bawang, serta tambahan daging cincang.

Selain itu banyak juga yang mengisi mutabak ini dengan keju hingga tambahan tomat. Setelah digoreng, tekstur mutabak lebih padat dan kokoh dibandingkan martabak. Rasanya juga lebih kuat karena penggunaan tomat, bawang putih, sampai keju putih.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Autentiknya Mie Sapi Pedas di Wo Ai Mie"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com