Martabak Manis & Gurih

5 Kembaran Martabak Ini Bisa Ditemukan di Malaysia hingga Thailand

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 23 Okt 2020 19:00 WIB
Martabak di Berbagai Negara Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
Jakarta -

Eksis di berbagai negara, martabak punya banyak kembaran di negara lain dengan ciri khas dan rasa yang berbeda. Mulai dari murtabak gaya Malaysia, sampai martabak pisang ala Thailand.

Pertama kali dipopulerkan di Arab Saudi dan negara Timur Tengah lainnya. Martabak jadi jajanan sepanjang masa di Indonesia. Uniknya martabak juga punya banyak kembaran serupa di negara lain.

Seperti murtabak gaya Malaysia dan Singapura yang tekstur kulit adonannya lebih tipis. Lalu ada juga martabak isi pisang yang manis disebut dengan nama roti gulay.

Berikut lima kembaran martabak Indonesia di berbagai negara dengan keunikan masing-masing.

Baca Juga: Dari Arab, Martabak Jadi Jajanan Populer Sepanjang Masa

1. Roti Gulay

Martabak di Berbagai NegaraMartabak di Berbagai Negara Foto: Getty Images/iStockphoto

Meski namanya roti gulay, jajanan yang satu tidak menggunakan kuah gulai sama sekali. Roti gulay bisa juga disebut sebagai martabak pisang yang hits jadi jajanan kaki lima di Thailand.

Mirip seperti martabak di Indonesia, roti gulay bisa ditemukan dengan mudah di pinggir jalan hingga tempat makan. Ciri khas roti gulay terdapat pada penggunaan irisan buah pisang di dalam adonan martabak yang tipis.

Bagian dalam pisang dicampur dengan telur dan gula lalu digoreng hingga garing. Kemudian rasa manisnya terdapat dari guyuran susu kental manis hingga sirup cokelat sesuai selera.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kreasi Ibu-ibu Pangandaran, Ubah Limbah Pohon Pisang Jadi Jajanan"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih