Ini 5 Perbedaan Rumah Makan Padang dan Lapau Kapau

Riska Fitria - detikFood Jumat, 23 Okt 2020 15:30 WIB
Nasi kapau Foto: Gede Leo/d'traveler

3. Menu-menu

nasi kapau langgananIni 5 Perbedaan Rumah Makan Padang dan Lapau Kapau Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Perbedaan juga ada pada menu-menu yang ditawarkan. Misalnya pada menu rendang. Di rumah makan Padang rendang identik dengan daging sapi.

Di lapau Kapau kamu harus menyebut rendang apa, pasalnya ada rendang daging dan rendang ayam atau rendang daka-daka. Sebenarnya, rendang juga bukan merupakan nama makanan, melainkan teknik memasak.

Kemudian gulai, di rumah makan Padang terkenal dengan gulai nangka. Di lapau Kapau, Gulai nangka yang dilengkapi dengan rebung, lobak singgalang dan kacang panjang yang biasanya disebut Gulai Kapau. Lobak Singgalang sendiri adalah kol yang berbeda dengan kol yang biasa kita tahu.

Pada pilihan sambalnya, rumah makan Padang identik dengan sambal cabe ijo, sementara lapau Kapau identik dengan sambal merah.

4. Cara memesan

Nasi Kapau LanggananIni 5 Perbedaan Rumah Makan Padang dan Lapau Kapau Foto: dok. detikFood

Cara memesan makanan di rumah makan Padang dan di lapau Kapau juga berbeda. Di rumah makan Padang pengunjung biasanya langsung duduk dan nanti akan ada pelayan yang datang.

Pelayan membawa makanan dengan menaruh tumpukan berisi makanan di lengan tangannya. Semuanya dihidang di meja berikut nasi tambahnya.

Kalau di lapau Kapau, pengunjung datang langsung memesan menu di depan menu yang dijajakan. Setelah itu, pengunjung biasanya membawa pesanan sendiri ke meja.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Sop Daging di Restoran Padang Hidden Gem yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com