Ini 5 Perbedaan Rumah Makan Padang dan Lapau Kapau

Riska Fitria - detikFood Jumat, 23 Okt 2020 15:30 WIB
Nasi kapau Foto: Gede Leo/d'traveler
Jakarta -

Sama-sama menyajikan hidangan Minang tetapi rumah makan Padang dan lapau Kapau memiliki perbedaan yang menjadi ciri khas. Apa saja?

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan lapau Kapau atau warung nasi Kapau. Baik nasi Padang maupun nasi Kapau sama-sama berasal dari tanah Minang.

Namun, di antara keduanya memiliki beberapa perbedaan. Mulai dari tata letak lauk-pauk, pilihan menu hingga cara memesannya. Perbedaan itulah yang menjadi ciri khas masing-masing.

Perbedaan rumah makan Padang dan lapau Kapau tersebut diceritakan oleh Reno Andam Suri, seorang Pakar Kuliner Minang dalam Online Food Tour bertajuk Perjalanan Rantau 'Lapau Nagari Kapau' yang diadakan virtual kemarin bersama Aksara Pangan (22/10).

Berikut 5 perbedaan rumah makan Padang dan lapau Kapau yang perlu diketahui penggemar nasi Padang.

1. Asal-muasal

Nasi Kapau Kedai Sutan MangkutoIni 5 Perbedaan Rumah Makan Padang dan Lapau Kapau Foto: detikfood

Sesuai dengan namanya, nasi Padang berasal dari kota Padang, Sumatera Barat. Begitu pun dengan nasi Kapau. Kapau merupakan nama sebuah desa atau Nagari Kapau di Kabupaten Agam, Sumatera Utara.

Nah, Kabupaten Agam tersebut menjadi salah satu pusat perdagangan di Sumatera Barat, tepatnya di Bukittinggi. Daerah dikenal sebagai tempat untuk mengeksplorasi kuliner khas Minang.

Ada salah satu tempat yang menjadi pusat warung-warung nasi Kapau. Terletak di Pasar Atas Bukittinggi, tepatnya di los lambuang yang sering jadi destinasi wisata kuliner. Di sini ada puluhan lapau kapau yang menjual makanan khas Kapau.

Baca Juga : Nasi Kapau Juragan: Lamaknyo! Gulai Tambusu Plus Talua Barendo yang Renyah

2. Tata Letak Lauk

Nasi Kapau LanggananIni 5 Perbedaan Rumah Makan Padang dan Lapau Kapau Foto: dok. detikFood

Perbedaan antara rumah makan Padang dan lapau Kapau dapat dilihat dari penataan lauk-pauknya. Kalau di rumah makan Padang lauk-pauk di taruh di dalam piring keramik cekung dan ditata bersusun dalam etalase kaca.

Kemudian pada lauk kering ditata di etalase bagian atas. Sementara sayur berkuah diletakkan di bagian bawah. Kalau ingin memilih lauk harus melihat ke atas.

Namun, di lapau Kapau yang lauk-pauknya dijajakan di meja berundak-undak. Penempatan sayur berkuah ditaruh di bagian paling depan. Lauk kering di bagian belakang.

Penataan lauk di lapau Kapau juga agar sejajar dengan pembeli. Karenanya, penjual di lapau Kapau selalu menggunakan centong panjang untuk menjangkau sayuran berkuah di bagian depan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Street Food Kramat, Surganya Nasi Kapau di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]